Singa Jantan di Kasang Kulim Mati

0
996
singa afrika
Singa di Kebun Binatang Kasang Kulim

Seekor singa jantan yang berada di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, dikabarkan mati setelah mengalami sakit selama dua bulan.

Singa yang berusia 20 tahun itu diduga mati akibat penyakit tua. Hal tersebut dikatakan oleh Junaidi, seorang pawang Singa Afrika Kebun Binatang Kasang Kulim.

Ia menambahkan bahwa Singa yang diberi nama Simba ini sudah ada di kebun binatang ini sejak pertama dibuka. Simba sendiri berpasangan dengan Erna, Singa betina.

Sebelumnya Simba dan Erna telah memiliki tiga ekor anak pada akhir tahun 2014 yang lalu. Namun sayangnya, ketiga anaknya tersebut telah mati akibat sakit serta terinjak induknya sendiri.

Dalam kandang seluas lebih kurang 20×30 meter tersebut, Erna saat ini hanya hidup sebatang kara. Kabar baiknya, ia tengah bunting dan diprediksi dalam waktu dekat sudah akan beranak.

Singa Afrika sendiri saat ini populasi tengah menurun akibat perburuan dan makin sempitnya wilayah hidup mereka. Pada 2012 yang lalu saja hanya 32.000-35.000 ekor yang tersisa.

Singa sendiri merupakan hewan yang hidup berkelompok, biasanya dalam satu kelompok tersebut terdiri dari seekor jantan dan banyak betina.

Singa jantan sendiri beratnya bisa mencapai 150-250 kilogram, sementara singa betina beratnya mencapai 120-185 kilogram. Umur Singa mencapai 10 sampai 15 tahun jika di hutan, sedangkan jika dipelihara dapat sampai 20 tahun lebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.