Rawan Banjir Longsor Riau Saat Mudik Lebaran, Ini Lokasinya

0
329
Rawan Banjir Longsor Riau

Encik dan Puan berniat mudik tahun ini? Harap berhati-hati terhadap daerah rawan banjir longsor di wilayah Riau berikut ini ya.

Tengah Dipetakan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau tengah memetakan daerah rawan bencana alam di Riau, seperti banjir dan longsor.

Diungkapkan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal, pihaknya tengah melakukan pemetaan daerah rawan bencana banjir dan longsor.

Dengan demikian, Encik dan Puan diharapkan dapat berhati-hati saat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Ia juga berpesan agar masyarakat dengan selalu memantau perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Adapun daerah rawan banjir dan longsor di Riau, lanjut Edy, masih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Daerah Rawan Longsor

Dijelaskan Edy bahwa daerah rawan longsor tersebut berada di daerah perbatasan Riau dengan Sumatera Barat, seperti wilayah XIII Koto Kampar dan Lubuk Jambi dekat Kuantan Singingi.

Selain kedua wilayah tersebut, tambah Edy, daerah rawan longsor juga ada di Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Tepatnya di ruas jalan lintas Rengat-Tembilahan.

“Tapi di sana bukan longsor dari bukit. Tapi longsor akibat abrasi sungai,” terangnya.

Daerah Rawan Banjir

Sementara untuk daerah rawan banjir, dikatakan oleh Edy berada di Kabupaten Pelalawan, Kuantan Singingi, Kampar, dan Rokan Hulu.

Menurutnya, jika banjir pasang besar lair aut (rob) itu biasanya terjadi di daerah pesisir. Yang mana bukan tidak termasuk daerah rawan untuk lintasan mudik.

Meski demikian, ia berpesan bahwa yang perlu diantisipasi adalah mudik menggunakan transportasi laut. Sebab menurutnya, saat ini cuaca di Riau tidak menentu dan hal itu tetap harus diantisipasi.

“Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran, terus pantau perkembangan serta prediksi cuaca dari BMKG,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.