Produk Kedaluwarsa di Pekanbaru Jelang Lebaran, Warga Diminta Waspada

0
75
Produk Kedaluwarsa di Pekanbaru

Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru minta warga untuk waspada dengan peredaran produk kedaluwarsa di pasaran jelang lebaran 2023.

Tak hanya warga saja, Disperindag Kota Pekanbaru juga memperingati para pedagang untuk tidak menjual produk yang sudah kedaluwarsa.

Produk Kedaluwarsa di Pekanbaru

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menegaskan kepada para pedagang untuk hanya menjual produk yang baik saja dan jangan sampai menjual produk yang sudah kedaluwarsa kepada pelanggan.

Pihaknya juga memberikan imbauan kepada pedang dan pemasok untuk tidak menjual dan memajang produk kedaluwarsa di rak pajangan dan diharapkan para pedagang untuk melakukan seleksi terhadap produk kedaluwarsa.

Penelusuran ke beberapa pasar di Kota Pekanbaru telah dilakukan tim dinas dan Balai BPOM.

Hasil penelusuran tersebut ialah didapatinya produk tanpa izin edar dan juga produk kedaluwarsa.

Pedagang Akan Dikenakan Saksi

Ia mengatakan bahwa para pedagang dan pemasok ini akan dikenakan saksi jika menjual produk yang sudah kedaluwarsa dan mengingatkan agar pedagang tidak menjual produk kedaluwarsa.

“Pedagang kan belinya dari pemasok, sambil kita edukasi, agar tidak menjual produk kedaluwarsa,” ujarnya.

Zulhelmi menyadari bahwa terdapat pedagang yang berulang kali menjual produk kedaluwarsa di tokonya. Menurutnya hal ini harus ditindak secara tegas.

Produk Kedaluwarsa Dalam Parcel

Tak hanya pada etalase pajangan saja, pihaknya juga mengantisipasi produk kedaluwarsa pada parcel lebaran dan akan melakukan pemeriksaan terhadap produk-produk yang sudah tak layak konsumsi lagi.

Ia menyampaikan bawah dirinya tak ingin timnya mendapati adanya produk kedaluwarsa di dalam parcel dan tak ingin parcel yang sampai ke tangan penerima ternyata produk tidak layak konsumsi.

Dengan adanya pemberitaan ini diharapkan encik dan puan dapat memilah-milah produk saat berbelanja di pasar dengan memperhatikan tanggal kedaluwarsa atau expired date.

Tanggal kedaluwarsa merupakan lamanya waktu makanan dalam kondisi baik-baik saja, sebelum makanan tersebut mulai membusuk, tidak bergizi, dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Pemberitaan ini juga dapat menjadi peringatan bagi para pedagang dan pemasok agar tidak menjual produk yang sudah kedaluwarsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.