Pinjam Buku Pustaka Soeman Hs Masa Pandemi, Ini Prosedurnya

0
1844
Pinjam Buku Pustaka Soeman Hs

Di masa pandemi ini pelayanan di Pustaka Soeman Hs dibatasi, Encik dan Puan yang ingin pinjam buku Pustaka Soeman Hs, berikut prosedur peminjaman bukunya.

Tetap Beri Pelayanan Optimal

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Riau, melalui staf bidang pelayanan Pustakawan Ahli Muda, Vicha Rosalia menjelaskan meski di tengah keterbatasan akses akibat pandemi, Perpustakaan Soeman HS tetap berupaya memberikan pelayanan yang optimal kepada pemustaka atau pengunjung.

Vicha mengungkapkan, pustakawan yang ada di Perpustakaan Soeman Hs memberikan inovasi bagi para pemustaka untuk mendapatkan pelayanan, baik itu berupa peminjaman buku, pengembalian buku, atau pembuatan kartu anggota.

Wajib Protokol Kesehatan

Ia menyampaikan ada beberapa prosedur pinjam buku Pustaka Soeman Hs masa Pandemi Covid-19, seperti menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan diwajibkan menggunakan masker bagi yang berkunjung.

“Meskipun ada keterbatasan di tengah pandemi, kita tetap berinovasi bagaimana agar tetap bisa melayani masyarakat atau pemustaka,” sebutnya, Jumat (26/6/2021).

Prosedur Peminjaman Buku

Pada saat pemustaka sampai di perpusatakaan, pemustaka akan langsung disambut oleh petugas.

Kemudian tiga orang diizinkan masuk ke lantai dasar untuk mencari buku yang ingin dipinjam melalui komputer di sana.

Pemustaka kemudian diberikan kertas oleh petugas untuk mencatat buku yang dicari melalui aplikasi OPAC di komputer.

Kertas tersebut diberikan kepada bagian pelayan yang tetap berada di lantai dasar perpustakaan.

Selanjutnya, pemustaka diminta untuk menunggu buku tersebut diberikan oleh petugas yang ada di setiap lantai buku yang dicari.

Lalu petugas pelayanan perpustakaan akan mencarikan buku-buku yang diinginkan oleh pemustaka di masing-masing lantai perpustakaan.

Jika sudah ditemukan akan diantar ke bidang pelayanan lantai dasar di tempat pelayanan utama.

Namun jika bukunya sudah ada atau bukunya tidak ada, pihaknya akan menginformasikan ke lantai dasar.

“Dengan demikian pemustaka cukup sampai di lantai dasar saja,” tuturnya.

Prosedur Pengembalian Buku

Untuk buku yang dikembalikan oleh pemustaka, juga dilakukan prosedur tertentu sebelum kembali di susun ke rak-rak buku yang ada di perpustakaan.

Buku tersebut akan dimasukkan ke dalam kotak terlebih dahulu dan didiamkan selama 4-5 hari, agar bila ada virus yang menempel bisa mati terlebih dahulu.

Masyarakat Diharap Maklum

Pustakawan Ahli Muda Perpustakaan Soeman HS ini berharap prosedur tersebut dapat dimaklumi oleh masyarakat, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kami tetap melayani peminjam buku, pembuatan kartu anggota perpustakaan, pengembalian buku dan lain lain-lain. Tapi dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.