Pengangguran di Pekanbaru Capai 29 Ribu Jiwa

0
163
ilustrasi
Job Fair beberapa waktu lalu

Berdasarkan penuturan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Johnny Sarikoen, angka pengangguran di Kota Pekanbaru mencapai 29 ribu jiwa. Jumlah tersebut berkisar 6,65 persen dari 442.000 jiwa angkatan kerja.

Saat ini penduduk Kota Pekanbaru yang masuk dalam penduduk usia kerja mencapai 712.000 jiwa, dimana 442.000 jiwa diantaranya merupakan angkatan kerja.

Pihaknya akan terus mengupayakan agar angka tersebut berkurang, antara lain dengan melakukan pelatihan yang diadakan oleh pihaknya, job fair dengan menggandeng pihak swasta metode pelatihan dengan pemberdayaan.

Ia menjelaskan, pelatihan yang diberikan berbasis kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri, seperti mekanik. Juga pelatihan berbasis masyarakat dengan pelatihan keterampilan seperti sablon, salon dan lain-lain. Sedangkan pelatihan berbasis magang yaitu dengan mengarahkan langsung peserta pelatihan untuk bersentuhan langsung dengan dunia usaha.

Dengan melakukan metode Pemagangan tersebut, diharapkan tenaga kerja akan mendapatkan simulasi tentang dunia kerja.

Pada tahun 2013 yang lalu dari 160 yang mengikuti metode pelatihan tersebut, sebanyak 132 tenaga kerja yang langsung direkrut oleh perusahan. Sisanya direkrut melalui Job Fair serta membuka usaha sendiri dengan ilmu yang telah didapatkan, demikian jelasnya.

Sumber: JPNN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.