Listrik Aman Saat Banjir, Ini Imbauan PLN

0
220
Listrik_Aman_Saat_Banjir

Di saat cuaca ekstrem seperti saat ini, PT PLN (Persero) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar listrik aman saat banjir.

Waspada Cuaca Ekstrem

Sebagaimana diketahui, cuaca ekstrem menjadi salah satu ancaman yang mesti diantisipasi oleh masyarakat. Diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, hingga 8 Oktober 2022 mendatang akan ada potensi cuaca ekstrem yang terjadi di Tanah Air.

Yang mana hal tersebut ditandai curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai petir serta angin kencang. Oleh karenanya, masyarakat patut waspada jika air meninggi dan menyebabkan genangan karena dapat mengancam keselamatan.

Imbauan Dari PLN

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan ada beberapa tips agar listrik aman saat banjir. Di antaranya jika air sudah memasuki rumah, pelanggan diimbau segera mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB).

“Agar terhindar dari bahaya tersengat listrik karena air merupakan konduktor listrik,” ungkapnya.

Kemudian Gregorius Adi Trianto meminta pelanggan PLN untuk memastikan cabut seluruh peralatan elektronik yang tersambung dengan stop kontak. Hal tersebut agar terhindar dari terjadinya arus pendek. Saat terjadi potensi genangan atau air naik, pelanggan disarankan untuk meletakkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman dan tidak terjangkau air.

Bila terjadi ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat potensi banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, agar masyarakat dapat melaporkan serta meminta penghentian pasokan tenaga listrik sementara.

Keselamatan Paling Utama

Gregorius Adi Trianto mengungkapkan, keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama. Oleh karena itu saat hujan deras dan mengakibatkan banjir, maka pihaknya terpaksa memadamkan listrik sementara.

Dikatakannya bahwa PLN senantiasa bekerja dengan mengutamakan keselamatan pelanggan. Selain itu pihaknya juga memastikan keunggulan layanan yang akan segera dinormalisasi dengan cepat bila terjadi gangguan sebagai imbas dari cuaca ekstrem.

“Sebagai komitmen PLN menjaga pasokan listrik tetap andal dan beroperasi secara optimal,” kata Gregorius Adi Trianto.

Jika melihat potensi gangguan listrik, ia mengimbau masyarakat untuk melaporkannya kepada PLN melalui Fitur Pengaduan di aplikasi PLN Mobile.

Selain itu, Gregorius Adi Trianto juga meminta kesedian masyarakat agar mau merelakan pohon yang mendekati jaringan PLN untuk dipangkas.

“Ini langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi gangguan listrik saat cuaca ekstrem berlangsung,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.