Jumlah Kasus Positif Riau Naik, Total Kasus Capai 72.332

0
563
Jumlah Kasus Positif Riau

Jumlah Kasus Positif Riau Hari Ini (Minggu, 4/7/2021) kembali mengalami kenaikan. bertambah sebanyak 463 kasus, 246 pasien yang telah sembuh, dan 7 pasien yang meninggal dunia. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid menjadi 72.332 kasus.

Dari jumlah Corona Riau Hari Ini, sebanyak 66.670 pasien positif Corona Riau yang telah sembuh dan pulang. 623 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 3.075 orang isolasi mandiri, serta 1.965 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Jumlah Suspek

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 98.157 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 134 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 93.000 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 4.695 orang. Sedangkan suspek yang meninggal dunia berjumlah 328 orang.

Jumlah Spesimen

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 1.745 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 1.537 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 378.753 sampel.

Seminggu Pemeriksaan Rapid Antigen di Bandara SSK II, 12 Orang Positif COVID-19

Selama pelaksanaan pemeriksaan rapid antigen terhadap orang yang masuk melalui bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, sebanyak 12 orang penumpang penerbangan dari pulau Jawa terdeteksi positif COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, yang positif rapid antigen langsung dibawa ke asrama haji untuk menjalani isolasi mandiri, sampai hasil swab PCR keluar.

Biasanya kalau hasil positif rapid antigen jarang yang negatif PCR, jadi mereka diisolasi selama 14 hari. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang masuknya dari daerah lain, terutama dari Jawa.

Meski PPKM Darurat Tidak Diterapkan di Riau, Gubri Syamsuar Ingatkan Warga Jangan Abaikan Prokes

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta kepada masyarakat Riau agar tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun Riau tidak termasuk daerah yang diminta untuk menerapkan PPKM darurat.

Meski demikian, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro tetap dilaksanakan di Riau seperti yang sebelumnya diterapkan di zona merah dan oranye.

“PPKM tetap kita jalankan terutama di zona merah, tapi bukan PPKM darurat, itu di jawa,” ujar Gubri.

Tingkat Kesadaran Masyarakat Riau Untuk Divaksinasi Sudah Membaik

Tingkat kesadaran masyarakat di Riau untuk divaksinasi semakin membaik. Hal itu terlihat dari tingginya antusias masyarakat dalam program vaksinasi massal yang banyak dilakukan oleh instansi vertikal di Provinsi Riau.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi mengungkapkan, jika kondisi ini bisa dipertahankan, maka diyakini target realisasi vaksinasi akan lebih cepat tercapai.

Meski demikian, kata dia, Satgas Penanganan Covid-19 Riau tetap akan menyoroti penerapan disiplin protokol kesehatan masyarakat saat ikut serta dalam vaksinasi massal.

Alami Gejala Ini, Pasien Isolasi Mandiri COVID-19 Harus Segera Dirawat di Rumah Sakit

Lebih lanjut dr Yovi mengungkapkan, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini untuk segera dirawat di rumah sakit.

Adapun beberapa gejalanya ialah, demam berkepanjangan meski sudah diberi obat. Kemudian batuk yang terus-menerus meski sudah minum obat.

Gejala selanjutnya yang membuat pasien COVID-19 tidak bisa isolasi mandiri di rumah yakni sesak nafas. Yang ditandai dengan dada terasa berat saat menarik dan melepas nafas.

“Kalau sudah ada beberapa gejala di atas, berarti harus segera melakukan perawatan di rumah sakit. Tidak bisa isolasi mandiri lagi,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.