Jumlah Kasus Covid di Riau Capai 21.953

0
321
Jumlah Kasus Covid di Riau

Jumlah Kasus Covid di Riau Hari Ini (Jumat, 11/12/2020) bertambah sebanyak 149 orang, 181 pasien yang telah sembuh, dan 3 pasien yang meninggal. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid dari 21.804 kasus menjadi 21.953 kasus.

Dari Jumlah Kasus Covid di Riau Hari Ini, sebanyak 19.582 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang. 669 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 1.199 orang isolasi mandiri, serta 503 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 58.787 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 22 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 54.487 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 4.091 orang. Sementara itu, suspek yang meninggal dunia berjumlah 167 orang.

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 770 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 678 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 183.227 sampel.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengungkapkan bahwa pemerintah pusat memberikan kuota sekitar empat juta dosis vaksin Covid-19 untuk Riau.

Adapun distribusi vaksin ke setiap provinsi merupakan ketetapan dari pemerintah pusat, yanga mana dilihat dari jumlah penduduk dan karakteristik kasus Covid-19 yang terjadi di daerah tersebut.

Jika vaksin tersebut sudah tiba di Provinsi Riau, maka akan segera didistribusikan ke dinas kesehatan di 12 kabupaten dan kota. Kemudian vaksinasi COVID-19 bisa dilakukan di fasilitas kesehatan yang ditentukan seperti Puskesmas di masing-masing daerah.

Pendistribusian vaksin ke Riau tersebut akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang, karena mulai awal tahun depan Indonesia akan menerima lebih banyak vaksin Sinovac. Sebagai informasi, bahan baku vaksin Sinovac sendiri berasal dari China.

Meskipun vaksin tersebut datang ke Riau, kondisi masih belum normal karena Covid-19 masih ada. Terlebih tiap harinya penambahan kasus terkomfirmasi positif di Riau selalu di atas angka 100 yang berasal dari hasil tracing pasien positif sebelumnya, maupun orang tanpa gejala (OTG) yang menjalani tes swab.

Bertambahnya kasus positif akan bisa terus terjadi jika masyarakat tidak disiplin menerapkan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi buah dan sayuran, jaga pola hidup sehat, rutin berolahraga, konsumsi vitamin, serta istirahat yang cukup.

Bila Encik dan Puan merasakan gejala, ia menyarankan agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 0761-23810.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.