Jalur Kereta Api Sumbar-Riau Akan Dibangun

0
354
Ilustrasi
Ilustrasi

Setelah tahun 2013 yang lalu sempat mengemuka bahwa Riau akan segera memiliki jalur kereta api, kini Kementerian Perhubungan akan membuka jalur kereta api Sumbar-Riau.

Pihak Kementerian Perhubungan akan terus mematangkan rencana pembangunan jalur kereta api Muaro Kalaban-Pekanbaru yang ditargetkan dalam lima tahun pembangunan jalur tersebut dapat diselesaikan.

Seperti yang telah dilansir oleh Riau Pos, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwi Atmoko berujar proyek senilai Rp 64 triliun tersebut dibangun dari jalur kereta api dari utara ke selatan.

Proyek ini dimulai dari kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangke di Sumatera Utara yang saat ini sedang dikerjakan. Pembiayaan proyek tersebut berasal dari APBN dan diharapkan adanya keterlibatan dari pihak swasta.

Ia mengatakan bahwa pada tahun 2011 yang lalu, pihaknya mendapat tugas dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Perhubungan untuk segera menghubungkan jalur kereta api yang ada di Pekanbaru, Riau dengan Muaro Kelaban, Sumbar yang menjadi bagian dari Kereta Trans Sumatera.

Pembukaan jalur kereta api antara Sumbar dengan Riau ini menjadi prioritas. Sehingga untuk merealisasikan proyek itu, pihaknya akan menelusuri jalur-jalur yang sudah ada waktu zaman Jepang. Kemudian pihaknya akan memperbaiki rel dan bantalannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.