Jaga Kesehatan Mental Itu Penting

0
322
Jaga Kesehatan Mental

Jaga kesehatan mental merupakan salah satu sektor terpenting dalam mewujudkan kesehatan secara menyeluruh.

Self Awareness

Dengan mengenali kesehatan mental yang kita miliki, merupakan sebuah bentuk kepedulian terhadap diri. Ini bisa disebut dengan self awareness, yang merupakan kesadaran diri untuk memperhatikan diri kita sendiri. Salah satu cara untuk self awareness adalah dengan mengenali bagaimana kesehatan mental kita. Oleh karenanya kita akan lebih mudah untuk memahami dan mengontrol diri.

Sebenarnya Apa Sih Kesehatan Mental?

Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah keadaan di mana seorang individu menyadari kemampuan yang dimilikinya, mampu mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat bekerja secara produktif, serta memberikan kontribusi pada komunitasnya.

Saat ini banyak orang, baik dewasa hingga remaja mudah mengalami gangungan mental atau depresi cukup tinggi. Ada banyak faktor yang berpengaruh seperti faktor genetik, perubahan hormon, hingga pengalaman traumatis, percintaan, pertemanan, keluarga maupun tekanan hidup.

Adapun gejala yang ditimbulkan yaitu mudah marah, merasa putus asa, rendah diri, merasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Peran orang tua, masyarakat, bahkan instansi kesehatan sangat diperlukan dalam mendukung serta mendampingi masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Sosialisasi terhadap pentingnya jaga kesehatan mental perlu diterapkan baik mulai dari sekolah hingga tempat layanan publik. Pendampingan terhadap masyarakat harus dilakukan dengan maksimal untuk menekan angka penderita ganguan kesehatan.

Mental

Kesehatan mental sendiri menjadi keseimbangan dalam kehidupan kita. Hal tersebut terkait cara kita berpikir, mengelola emosi, hingga berinteraksi dengan orang lain. Semua hal tersebut berkaitan dengan kesehatan mental.

Dengan menjaga kesehatan mental, kita akan mendapatkan banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menjaga kesehatan mental:

  • Bantu Hadapi Tantangan Sehari-hari

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik cenderung mampu dalam mengatasi stres yang mereka alami. Selain itu, orang yang memiliki kesehatan mental yang baik juga dapat mengontrol emosi dan tindakan mereka dengan baik.

  • Punya Pandangan yang Positif

Dengan memiliki kesehatan mental yang baik, kita mampu menciptakan pandangan yang positif, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

  • Kesehatan Fisik yang Baik

Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang sehat lebih mampu untuk sembuh dari penyakit. Karena memiliki pandangan positif terhadap dirinya, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu juga membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus yang baik karena dapat membuat seseorang berpikir secara baik. Hal ini mengakibatkan fokus dan perhatian menjadi lebih terarah. Sedangkan orang yang mempunyai kesehatan mental yang buruk, biasanya sulit fokus dan gampang terdistraksi.

Nah itu tadi penjelasan dan manfaat yang bisa Encik dan Puan ketahui tentang pentingnya jaga kesehatan mental. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.