Dua Pesawat Rusia Bantu BNPB

0
492
MChS_Beriev_Be-200_waterbomber
Beriev Be-200

Demi mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatera, Pemerintah Republik Indonesia mendatangkan 2 unit pesawat amfibi Beriev Be-200 beserta 20 personil kru pesawat dari Rusia.

Rencananya, pesawat tersebut akan mendarat‎ pada Rabu (21/10) di Palembang. Pesawat Be-200 sendiri merupakan pesawat amfibi untuk water boombing.

Dengan kapasitasnya yang sebesar 12.000 liter, pesawat Rusia tersebut mampu mengambil air di sungai, danau maupun di laut.

Indonesia sendiri pernah menggunakan pesawat Rusia ini untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2007 yang lalu.

Sebelumnya, Senin (19/10), pesawat water boombing bantuan dari Malaysia dan Australia telah mengakhiri masa tugasnya dan kembali pulang ke negara asalnya.

Pesawat Bombardier dari Malaysia dan Hercules dari Australia tersebut mengakhiri masa tugasnya selama 5 hari dalam membantu memadamkan kebakaran lahan di Sumatera.

water-bombing
Helikopter Chinook Mustang

Dengan berakhirnya masa tugas kedua armada asing tersebut, maka praktis saat ini hanya ada helikopter Chinook Mustang yang masih beroperasi melakukan water boombing di Provinsi Sumsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.