Penanganan Bekas Luka Bakar di Kulit

0
522

Dengan semakin banyaknya peralatan modern yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, ada potensi cedera luka bakar yang ditimbulkan akibat pemakaian alat-alat tersebut.

Sering kali kita tidak menyadari cedera luka bakar tersebut serta cara mengantisipasinya. Padahal hal itu dapat menyebabkan kerugian, hingga menurunkan kualitas hidup seseorang secara signifikan.

Berikut ini pertolongan pertama yang benar yang bisa dilakukan terkait cedera luka bakar menurut Dr dr I Nyoman Putu Riasa, SpBP-RE (K), Ketua Perhimpunan Luka Bakar dan Penyembuhan Luka Indonesia:

  1. Alirkan luka bakar tersebut dengan air keran selama 10 menit sejak kejadian untuk mengurangi kedalaman luka
  2. Jangan oleskan bahan apapun kepada luka bakar tersebut
  3. Berikan minuman yang ditambahkan 5 gram tablet garam atau cairan oralit untuk mencegah dehidrasi
  4. Segera larikan korban ke rumah sakit

Selain melakukan tindakan pencegahan dan pengobatannya, seringkali masyarakat juga tidak menyadari bahwa bekas luka bakar perlu mendapatkan perawatan.

Dengan melakukan perawatan terhadap luka bakar, maka dapat menghindari turunnya kepercayaan diri karena bekas luka bakar tersebut.

Perlu diketahui bahwa luka atau bekas luka harus ditangani dengan terapi yang tepat agar semakin besar pula kemungkinan bekas luka bakar dapat disamarkan dengan lebih sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.