Bahan Sembako di Pekanbaru Dipastikan Aman Hingga Usai Lebaran

0
130
Bahan Sembako di Pekanbaru

Encik dan Puan, Bahan sembako di Pekanbaru seperti beras, gula dan lainnya dipastikan oleh Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun aman sampai bulan april nanti atau sampai setelah lebaran Idulfitri.

Bahan Sembako Dipastikan Cukup Hingga Habis lebaran

Untuk memastikan itu, pada hari Selasa (21/2), Muflihun mendatangi kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru.

“Setelah saya melihat dan menyaksikan kunjungan ke Bulog, ketersediaan beras dan gula aman sampai Lebaran Idul Fitri,” ujarnya.

Muflihun berpendapat, bahwa isu terkait kenaikan harga beras itu tidak benar, ia mengatakan stok beras yang ada di Bulog masih cukup hingga akhir lebaran nanti.

“Namun yang perlu masyarakat ketahui bahwa bicara beras ada yang medium ada yang premium. Jadi beras yang premium ini kan pilihan, tapi yang medium ini tidak kalah dari yang premium,” pungkas Muflihun.

Ia juga menyebut, bahwa beras Bulog sendiri memiliki warna yang putih bersih dan wangi. Karena itu, ia meminta warga untuk tidak bergantung kepada beras premium saja.

“Sesekali cobalah juga yang medium. Sehingga tak ada lagi yang harga beras di atas rata-rata,” ucapnya.

Pasar Murah

Muflihun juga menyampaikan, bahwa pihaknya mengadakan pasar murah. Hal ini dilakukan berdasarakan atrensi dari presiden terkait bagaimana inflasi terus menurun bahkan menjadi deflasi.

Pemko Pekanbaru juga melakakukan rapat mingguan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) dan juga pasar murah setiap bulannya.

“Malahan hari ini kita akan berdayakan koperasi untuk menyetok bahan yang dibutuhkan masyarakat. Kemarin kami kumpulkan distributor dan kita hari ini harus bergerak mencari kabupaten dan kota penghasil. Nanti kita beri bantuan transportasi melalui BTT (Belanja Tidak Terduga) sehingga harganya bisa stabil di Pekanbaru,” ujarnya.

Diprediksi Akan Ada Kenaikan Harga Sembako

Muflihun memprediksi, akan ada peningkatan harga sembako sebelum puasa dan lebaran. pihaknya sedang mengantisipasi hal tersebut.

“Kalaupun ada kenaikan tak terlalu jauh,”pungkasnya.

Di sisi lain, Kepala Bulog Divre Riau-Kepri Basirun melakukan penambahan stok beras di gudang, yakni sebanyak 818 ton, yang masih dalam perjalan dari dumai ada sebanyak 1.600 ton dan 4.800 ton sudah tersandar di Dumai.

“Stok ini akan memenuhi sampai bulan April setelah lebaran. Untuk berasnya semua jenis Thailand 5 persen,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.