Aneka Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Tubuh

0
169
Aneka Manfaat Buah Rambutan

Tidak hanya sekedar buah yang manis dan enak, ternyata buah rambutan memiliki banyak aneka manfaat lho Encik dan Puan. Terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Ada yang mengatakan jika rambutan bagus untuk wajah, bagus untuk jantung, serta masih banyak pendapat lainnya terkait aneka manfaat buah rambutan bagi tubuh.

Makna Rambutan

Dikutip dari Wikipedia, buah rambutan ini merupakan salah satu tanaman tropis yang termasuk ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae.

Buah Rambutan sendiri berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Dimana kata “rambutan” berasal dari bahasa Melayu yang berakar dari kata “rambut”. Sehingga karena bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut, maka sampai sekarang buah ini disebutlah dengan nama rambutan.

Selain di Indonesia, buah rambutan dengan rasa asam manis dan kecut ini juga bisa dijumpai di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah kamu Encik dan Puan, ternyata buah rambutan ini mengandung cukup banyak vitamin C, tembaga, besi, dan beberapa mineral lainnya. Sehingga dengan kandungan tersebut memberikan manfaat bagi kulit, rambut, dan tulang.

Buah rambutan juga dikenal sebagai buah yang berkontribusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan berbagai manfaatnya. Termasuk untuk meningkatkan sel darah putih.

Selain itu, rambutan kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas serta mencegah penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh radikal bebas. Adapun penyakit yang dimaksud adalah termasuk kanker, peradangan, bahkan penyakit jantung.

Gizi yang Terkandung Dalam Rambutan

Untuk gizi yang terkandung dari buah rambutan tersebut adalah menyediakan mangan, tembaga, vitamin C, kalsium, magnesium, potasium, folat, dan vitamin A.

Dimana, rambutan tidak terlalu tinggi dalam banyak vitamin atau mineral, namun mengandung kadar mangan dan tembaga tertinggi.

Sehingga buah ini bermanfaat untuk kesehatan mata, bisa mencegah anemia, dapat menurunkan berat badan, hingga menjaga kesehatan rambut. Selain itu juga berkhasiat untuk menambah energi, baik untuk tulang, serta baik untuk kesehatan kulit.

Apakah Encik dan Puan termasuk pecinta buah rambutan? Semoga tulisan di atas dapat menambah pemahaman dan bermanfaat bagi pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.