2015, Kereta Api Riau Akan Dibangun

0
333
Ilustrasi
Ilustrasi

Kementerian Perhubungan RI merancang pembangunan railway Sumatera sepanjang 1.071 kilometer yang akan dimulai pada tahun 2015 yang menelan anggaran biaya sebesar Rp30 triliun dari APBN.

Nantinya rute kereta api ini akan melintasi lima provinsi di Sumatera. Dimulai dari Rantau Prapat, Sumatera Utara menuju ke perbatasan Riau, Kota Duri dan Kota Dumai, hingga ke Kota Pekanbaru. Kemudian selanjutnya akan dibangun rute Riau, Sumatera Barat dan Jambi, lalu berakhir di Sumatera Selatan.

Untuk akses transportasi penumpang, railway tersebut akan melewati Kota Duri, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Sedangkan untuk jalur kereta api barang nantinya akan menghubungkan pelabuhan Tanjung Buton, pelabuhan Kuala Enok dan berakhir di pelabuhan Kota Dumai dengan luas hampir 500 kilometer.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, Hermanto Dwi Atmoko di Pekanbaru, pada hari Senin (22/12). Ia ditugaskan langsung oleh Presiden Jokowi untuk mempersiapkan proyek tersebut. Diperkirakan proyek tersebut akan rampung pada tahun 2020.

Pada tahun 1940-an dulu, jalur kereta api Riau-Sumatera Barat pernah dibangun Belanda dan Jepang yang mengakibatkan korban ribuan romusha meninggal dunia. Namun, proyek ini berhenti setelah Perang Dunia II. Kita masih dapat melihat kereta api peninggalan bersejarah di Taman Makam Pahlawan Kerja Kota Pekanbaru.

dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.