Yuk Tata Kamar Biar Tidur Nyenyak - InfoPKU
Home » Kesehatan » Yuk Tata Kamar Biar Tidur Nyenyak

Yuk Tata Kamar Biar Tidur Nyenyak


Tidur nyenyak merupakan idaman bagi semua orang. Seringkali saat kita mengalami kesulitan tidur di malam hari, tubuh kita menjadi lesu dan lemas saat bangun keesokan paginya.

Bisa jadi penyebab kesulitan tidur tersebut berada pada penataan kamar kita, karena kondisi kamar dipercaya dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Nah untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, ikuti tips mengatur kamar dengan enam cara berikut ini:

Menurunkan Suhu Ruangan

Suhu kamar yang panas dapat membuat kita kesulitan tidur, bahkan sampai terbangun di tengah malam/dini hari. Adapun suhu ruangan paling ideal yang dapat membantu Anda lebih cepat tidur adalah diantara 15-22 derajat celcius. Hal tersebut kembali lagi pada kenyamanan kita masing-masing. Jika tidak memiliki AC, gunakan kipas angin atau buka jendela di malam hari agar udara dingin bisa masuk.

Sprei dan Selimut yang lembab

Untuk menjaga tubuh kita agar tetap nyaman di tempat tidur, ada beberapa jenis kain yang mampu menyerap kelembaban. Adapun jenis kain yang disarankan adalah jenis katun, wool, sutera, serat bambu dan linen. Sebaiknya hindari bahan polyester dan satin sintetis karena sifatnya yang menahan kelembaban sehingga membuat tubuh terasa lebih hangat.

Bereskan Kamar

Luangkan waktu beberapa menit untuk membereskan kamar, karena benda-benda tak beraturan yang berada di kamar dapat membuat kita lebih sulit tertidur. Kamar yang lebih rapi tentunya dapat membuat kita merasa lebih relaks. Selain itu sediakan juga tempat khusus untuk menaruh pakaian kotor agar tidak menumpuk dan berserakan.

Bantal

Bantal tidur juga menjadi komponen penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Bantal yang terlalu tipis/tebal dapat menyebabkan sakit leher, sakit punggung hingga otot-otot terasa kaku. Selain itu kebiasaan tidur jua mempengaruhi pada saat akan memilih bantal. Jika Anda terbiasa tidur menyamping, maka pilihlah bantal yang lebih padat untuk menopang telinga dan bahu. Jika Anda tidur telentang, maka gunakan bantal yang memiliki penyangga kepala. Jika Anda terbiasa tidur tengkurap, maka pilihlah bantal yang sangat tipis atau tidak usah memakainya sama sekali.

Sebaiknya gantilah bantal setiap satu hingga dua tahun sekali, atau pada saat busa bantalnya sudah tidak sempurna lagi bentuknya. Selain itu juga cucilah bantal secara rutin minimal satu bulan sekali untuk mengurangi bakteri dan debu yang menempel, dan gantilah sarung bantal tiga hari sekali. Karena dapat menjaga bantal tetap higienis, serta aroma segar dari bantal yang bersih juga akan membuat tidur kita lebih nyenyak.

About Nur Hasanah

impossible=i'm possible