Yuk Lindungi Anak Dari Asap

20

CO2l8UdU8AAd_Hi

Kabut asap yang melanda Riau memang membahayakan bagi kesehatan, terutama untuk anak-anak. Sama seperti orang dewasa, saluran pernapasan anak bisa saja terganggu.

Adapun cara yang bisa dilakukan orang tua untuk melindungi anak adalah dengan memastikan anak memakai masker. Pada anak, penggunaan masker prinsipnya sama  dengan pada orang dewasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa makin ketat masker yang digunakan, maka perlindungannya akan semakin bagus. Karena pernapasan anak lebih cepat sehingga lebih banyak kemungkinan asapnya terhirup. 

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Balitbangkes RI Prof Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE. Ia juga menambahkan pemakaian kacamata juga untuk mencegah iritasi pada mata.

Yang juga tak kalah berbahaya adalah air yang terkontaminasi dengan kabut asap, karena bisa saja membuat anak diare dan mencret.

Oleh sebab itu, disarankan bagi orang tua jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan air yang digunakan. Selain itu, juga ajak cegah anak untuk bermain di luar rumah.