Yang Perlu Dijauhi Saat Sakit Maag Kambuh - InfoPKU
Breaking News
Home » Kesehatan » Yang Perlu Dijauhi Saat Sakit Maag Kambuh

Yang Perlu Dijauhi Saat Sakit Maag Kambuh


Ketika sakit maag kambuh dan asam lambung naik hingga ke tenggorokan rasanya tentu tidak nyaman. Agar maag tidak kambuh dan semakin parah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi penderita maag.

Untuk diketahui bahwa pada saat perut kembung dan asam lambung naik hingga menimbulkan rasa nyeri di dada, ini merupakan gejala awal Gastro Esophagial Reflux Disease atau yang disingkat dengan GERD.

Jika Encik dan Puan disinyalir berada dalam kondisi seperti ini, maka ada baiknya Encik dan Puan untuk menghindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gas.

Selain itu juga penting untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan asam dan pedas. Serta hindarilah minuman bersoda karena dapat meningkatkan gas di lambung. Oleh karena itu perbanyaklah mengonsumsi sayuran dan minum air putih.

Sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa USG jika Encik dan Puan benar-benar mengalami GERD.

Adapun untuk mengatasi GERD yang kambuh, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menetralkan kandungan asam di lambung. Salah satunya adalah dengan makan nasi. Jika masih terasa sakit maag, cobalah mengonsumsi obat-obatan untuk memompa lambung.

Tak hanya itu saja, hindarilah mengonsumsi makanan asam pada saat perut masih kosong. Karena makanan yang dicap asam oleh indra pengecap, berarti juga asam bagi lambung.

Ada beberapa jenis kopi serta buah tertentu yang memiliki kadar asam yang tinggi. Oleh karena itu berhati-hatilah saat mengonsumsinya. Disarankan untuk menghindari makanan atau minuman tersebut sebelum makan utama.

About Nur Hasanah

Avatar
impossible=i'm possible