#wisataPKU Melihat Kemegahan Terminal Bus Termegah di Indonesia, Bandar Raya Payung Sekaki
Breaking News
Home » Informasi » Wisata » #wisataPKU Melihat Kemegahan Terminal Bus Termegah di Indonesia, Bandar Raya Payung Sekaki

#wisataPKU Melihat Kemegahan Terminal Bus Termegah di Indonesia, Bandar Raya Payung Sekaki


terminalbispekanbaru

Sekilas, bangunannya tidak kalah megah daripada Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Siapa sangka kompleks bangunan di persimpangan Jalan Arteri Siak II Labuh Baru, Payung Sekaki, Pekanbaru, itu hanya terminal bus. Sayang, terminal bus yang konon termegah di Indonesia tersebut lengang.

Namanya sama dengan lokasinya. Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Bentuknya khas dengan gerbang kokoh berpilar tiga. Siapa saja yang sempat mengunjunginya bakal berdecak kagum. Kondisinya jauh dari kesan kusam yang sering diidentikkan dengan terminal bus selama ini.

Fasilitas di dalamnya tidak kalah mentereng dan komplet. Toiletnya bersih. Selain itu, ada musala, sejumlah kios dan kantin, ruang informasi dan pengaduan, warung telepon, tempat penitipan barang, serta kantor organisasi angkutan darat.

Yang mungkin tidak ditemukan di terminal bus lain, disediakan penginapan bagi penumpang yang kemalaman. Kapasitasnya sekitar 50 orang, terdiri atas kamar VIP dan kelas ekonomi.

Tarif semalam untuk kelas biasa Rp 40.000-Rp 60.000, sedangkan VIP di atas Rp 100 ribu. “Kalau ada penumpang sampai di terminal pukul tiga dini hari dan tidak ada yang menjemput, mereka bisa menginap dulu di penginapan. Bisa pakai hanya untuk empat jam. Sehingga, pukul tujuh pagi dia bisa ke tempat yang dituju,” ungkap Marjohan, staf administrasi Terminal BRPS.

Dengan berbagai fasilitas dan kemegahan tersebut, tidak heran Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Pria Budi mengungkapkan bahwa tempat itu adalah terminal bus termegah se-Indonesia. Terminal yang dibangun dengan dana Rp 57 miliar tersebut belum punya tandingan.

Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru tidak hanya megah dalam bentuk fisiknya, bandar tersebut sudah menggunakan sistem komputerisasi terhadap kendaraan yang masuk ke dalam terminal.

Dengan sistem komputerisasi ini setiap kendaraan yang masuk ke terminal dapat ditandai, sehingga mudah diketahui. Dengan demikian semua proses kedatangan maupun keberangkatan kendaraan di teminal ini bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat.

Kepala Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru, Efrizal ketika mengatakan sistem komputerisasi sudah mulai dilaksanakan di terminal BRPS bekerjasama dengan SUN parkir.Diberlakukannya sistem komputerisasi di terminal Bandar Raya Payung Sekaki ini juga seiring dengan diberlakukannya struk dari sistem komputerisasi sebagai bukti bahwa angkutan sudah masuk terminal di Bandar Raya ini.

Galeri Foto :

About Admin