UMRI Gelar Trainer Arduino Guru SMK Se-Pekanbaru - InfoPKU
Home » Berita » Berita Pekanbaru » UMRI Gelar Trainer Arduino Guru SMK Se-Pekanbaru

UMRI Gelar Trainer Arduino Guru SMK Se-Pekanbaru


Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menggelar Trainer Arduino Guru SMK Se-Pekanbaru di SMK Masmur Pekanbaru, Minggu (4/8).

Kegiatan Trainer Arduino Guru SMK Se-Pekanbaru ini seyogyanya diselenggarakan pada tanggal 16 Juli yang lalu. Adapun jumlah peserta yang hadir sebanyak 15 orang guru dari berbagai SMK yang ada di Kota Pekanbaru.

Arduino adalah salah satu merek dari sebuah microcontroller. Microcontroller sendiri adalah suatu alat yang menjadi pusat sebuah pengolahan aritmatika dan logika yang ada didalam robot.

“Jadi analoginya mikrokontroller adalah otak atau pusat kontrol dari sebuah robot,” ungkap Finanta Okmayura, ST., MT selaku ketua pelaksana.

Kegiatan ini sangat penting dipelajari bagi guru SMK khususnya Teknik Elektro karena dengan adanya pelatihan ini dapat mengasah kemampuan dan bakat siswa tentang Arduino itu sendiri.

Finanta menambahkan bahwa kegiatan ini diawali dengan memperkenalkan dasar Arduino dan programnya. Kemudian dilanjutkan dengan membuat rangkaian yang dihubungkan ke Arduino dan membuat programnya. Selain itu para peserta juga mengisi kuisioner dari panitia.

Tujuan diadakan Trainer Arduino Guru SMK Se-Pekanbaru ini adalah untuk mengenalkan, meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan tentang pemrogaman Arduino, serta meningkatkan kemampuan sebuah rangkaian elektronika. Pada kegiatan Trainer Arduino ini diajarkan bagaimana membuat program pada microcontroller Arduino.

Pemateri kegiatan ini adalah dosen Pendidikan Vokasional Universitas Muhammadiyah Riau yaitu Adlian Jefiza, S. Pd., M.T. yang sangat berkompeten dalam bidang elektronika dan sistem kendali.

Raja Widya Novchi, S. I. Kom., M. Soc. Sc selaku anggota tim PKMs mengungkapkan “saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat lebih memahami tentang media pembelajaran Arduino ini”.

Raja juga menambahkan bahwa pelatihan Arduino ini merupakan aplikatif Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi.

Suksesnya kegiatan ini adalah tidak terlepas daripada perolehan dana hibah dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) yang diberikan pemerintah lewat Program Kemitraan Masyarakat Stimulus atau PKMs.

“Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada buk Finanta dan rekan-rekan yang sudah mengajak kami untuk bermitra dengan membuat pelatihan seperti ini, jujur ini pertama kalinya kami mengikuti, semoga apa yang kami dapatkan di sini bisa kami terapkan kepada siswa kami” tutur Marliza selaku peserta kegiatan dari SMK Masmur Pekanbaru.

About Dita Fitriani