Ujian Diundur, Libur Diperpendek

8

CR6I3EQVEAA2gJp

Akibat kabut asap yang melanda beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Riau akhirnya memundurkan jadwal Ujian Semester Ganjil siswa.

Keputusan tersebut diambil lantaran para peserta didik di Riau tertinggal jam pelajaran karena diliburkan akibat kabut asap yang melanda pada September-Oktober lalu.

Adapun pemunduran jadwal Ujian Semester Ganjil ini diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan. Untuk siswa Sekolah Dasar yang awalnya pada 3-12 Desember 2015 diundur menjadi 17-23 Desember 2015.

Sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sendiri diundur pada tanggal 14-23 Desember 2015. Demikianlah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau, Kamsol.

Selain memundurkan jadwal Ujian Semester Ganjil, Pemprov Riau bersama Kabupaten/Kota juga telah sepakat untuk boleh meniadakan jam pelajaran muatan lokal dan olahraga.

Bahkan Pemprov Riau juga mengambil kebijakan untuk mengurangi libur bagi peserta didik. Jika sebelumnya libur sekolah selama dua pekan, dikurangi menjadi satu pekan agar mengejar ketertinggalan.

Tentunya hal ini juga akan berdampak pada persiapan siswa menyambut Ujian Nasional (UN), karena tidak akan bagus jika hanya Riau yang meminta pengunduran pelaksanaan UN.

Bahkan hal ini tentunya akan berdampak juga pada persiapan siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Dikatakannya bahwa meski pihaknya bisa saja mengusulkan pengunduran pelaksanaan UN, pihaknya tetap optimis dapat mengejar ketertinggalan jika semua pihak sepakat dan mendukung.