Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Ganti Rugi
Home » Berita » Berita Riau » Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Ganti Rugi

Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Ganti Rugi


maket tol dumai pekanbaru

Terkait pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, pemerintah pusat telah melakukan pembayaran ganti rugi tanah di sekitar area jalur pembangunan ruas tol Pekanbaru-Dumai.

Lahan yang diganti rugi adalah lahan milik HGU PT Ivo Mas Tunggal yang mencapai 12 kilometer dengan biaya sebesar Rp12,9 miliar yang berasal dari APBN.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten II Setdaprov Riau, Masperi, Rabu (11/11). Ia berharap tidak ada kendala lagi untuk mewujudkan pembangunan jalan bebas hambatan pertama di Riau ini.

Pemerintah Provinsi Riau sebagai fasilitator tetap menaruh harapan pembebasan lahan dapat segera dirampungkan. Karena pada tanggal 22 November nanti, rencananya Jokowi ke Riau untuk menghadiri Kongres Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI).

Kedatangan Jokowi tersebut juga diharapkan sekaligus dapat melakukan “ground breaking” (peletakan batu pertama).

Lokasi lahan yang diganti tersebut berada di Desa Sam-Sam, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Pembayaran ganti rugi lahannya sendiri disaksikan langsung  Masperi sebagai perwakilan Pemprov Riau, BPN dan PT Ivo Mas Tunggal.

Hingga saat ini, pembebasan lahan baru dilakukan sepanjang 7 kilometer. Proyek Tol Pekanbaru-Dumai ini sendiri merupakan gabungan dari Proyek Tol Trans Sumatera pada Pemerintahan Jokowi.

Untuk pembangunannya dilakukan oleh PT Hutama Karya sebagai pihak ketiga. Sedangkan biaya pembebasan lahan berasal dari dana APBN sebesar Rp146,2 miliar, APBD Provinsi Riau sebesar Rp14 miliar, dan dana APBD kabupaten dan kota sebesar Rp20 miliar.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila