Breaking News
Home » Teknologi » Tips Fotografi Dengan Smartphone
fotografi smartphone

Tips Fotografi Dengan Smartphone


fotografi smartphone

Perkembangan teknologi kamera pada smartphone yang begitu cepat, membuat sebagian orang lebih menggunakannya untuk mengabadikan momen-momen penting. Berikut ini tips dan trik menghasilkan foto yang baik, dengan menggunakan smartphone.

Dekatkan Jarak, Jangan Gunakan Zoom Digital

Salah satu trik dasar untuk menghasilkan foto yang baik adalah dengan mendekati objek tersebut. Dengan demikian kita dapat menghasilkan gambar dengan kualitas detail luar biasa.

Sensor kecil yang ada di dalam kamera smartphone membuat depth of field yang lebih lebar sehingga bidikan pada objek menjadi lebih fokus.

Serta jangan lupa pula tentang faktor pencahayaan yang cukup agar dapat menghasilkan gambar yang baik.

Satu lagi yang sering kita diabaikan adalah penggunaan zoom digital, meski sebenarnya fungsi zoom digital memang untuk mendekatkan jarak antara objek dengan kamera.

Namun hasilnya, kualitas gambar tersebut menjadi lebih buruk. Karena zoom akan mengurangi resolusi foto Anda secara keseluruhan.

Lebih baik jika kita melakukan cropping foto daripada zooming untuk hasil terbaik.

Aplikasi

Bagi beberapa orang, terkadang kamera bawaan smartphone kurang mumpuni. Untuk mengatasinya, biasanya beberapa dari kita menginstall aplikasi tambahan.

Untuk mendukung hasil gambar yang lebih optimal, sebaiknya pilihlah aplikasi yang memiliki kontrol lebih kompleks.

Contoh aplikasinya antara lain: google camera, camera fv-5, camera awesome, vignette, fast burst camera, manual camera, dan lain-lain.

Selain aplikasi kamera, beberapa dari kita juga menggunakan aplikasi edit foto. Berikut ini beberapa aplikasi yang patut dicoba; snapseed, after focus, picsart, cymera, pixlr, adobe photoshop express, picsay, vsco cam, pixlr-o-matic, dan masih banyak lagi.

Postur Tubuh

Layaknya fotografer profesional, gadgetgrapher, julukan bagi fotografer smartphone, juga menggunakan postur tubuh yang baik saat memotret untuk menstabilkan gambar yang akan dipotret.

Caranya dengan merapatkan siku pada tubuh saat memotret. Selain agar gambar yang akan dipotret akan stabil, juga meminimalisir agar tangan kita tidak pegal.

Mode HDR

High Dynamic Range (HDR) telah dikenal lebih dari satu abad yang lalu. Tapi untuk penggunaan smartphone, fotografi HDR bisa dibilang masih baru.

HDR merupakan teknik mengambil beberapa exposure yang berbeda, lalu mengkombinasikannya menjadi satu untuk menampilkan gambar yang lebih natural.

Gunakan mode HDR untuk menangkap foto, terutama daerah gelap-terang. Seperti dalam hutan yang gelap sangat sulit untuk menangkap detail dalam shadows dan highlight pada waktu bersamaan.

Hindari memotret menggunakan mode HDR pada saat obyek foto bergerak, karena justru objek yang bergerak membuat gambar menjadi buram.

Aksesoris Tambahan

Gunakan beberapa aksesoris kamera tambahan untuk smartphone, seperti lensa fish eye, wide-macro, lensa tele, super wide, tripod, monopod dan lain-lain untuk menunjang fotografi mobile.


About Jack Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *