Tips Aman Transaksi Online
Home » Informasi » Tips Aman Transaksi Online

Tips Aman Transaksi Online


transaksi-jual-beli-online

Encik dan Puan tentunya kadang merasa khawatir saat melakukan transaksi online. Entah salah transfer, gagal transfer, hingga khawatir jika data-data Encik dan Puan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, berikut ini ada beberapa tips aman saat melakukan transaksi online.

Reputasi

Sebelum bertransaksi online, tentu Encik dan Puan mesti mengetahui terlebih dahulu reputasi penjual. Encik dan Puan dapat mengecek terlebih dahulu testimoni dari para pembeli yang lain.

Jika dirasa testimoni tersebut dibuat-buat atau palsu, lebih baik tidak usah melakukan transaksi saja. Testimoni dari real buyer tentu akan lebih direkomendasikan.

Keamanan

Encik dan Puan juga mesti memperhatikan keamanan saat akan melakukan transaksi. Hal itu dapat kita lihat dari websitenya, apakah data informasi Encik dan Puan aman?

Website yang aman menggunakan jaringan privat berupa HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Biasanya ada tanda berupa gembok di address bar atau kolom alamat situs web.

Spam

Encik dan Puan sering menerima penawaran menarik yang dikirim melalui email, SMS, BBM, maupun via telepon? Ada baiknya Encik dan Puan mengecek kebenarannya di website resminya, demi menghindari penipuan.

Metode Pembayaran

Sebelum melakukan transfer, Encik dan Puan wajib mengecek metode pembayaran yang akan digunakan. Apakah menggunakan fasilitas rekening bersama yang dapat dipercaya, proses return barang hingga refund.

Beberapa situs jual beli online menyediakan beragam metode pembayaran, mulai dari transfer via ATM, internet banking, maupun menggunakan kartu kredit.

Perhatikan nomor rekening yang akan dituju, jumlah biaya yang harus ditransfer, hingga estimasi lamanya barang tersebut sampai ke alamat Encik dan Puan.

Bukti Pembayaran

Demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan kelak, Encik dan Puan bisa menyimpan bukti pembayaran. Baik berupa resi transfer, screen capture bukti pembayaran jika melakukan transaksi online melalui laptop/pc ataupun smartphone.

Demikian beberapa tips melakukan transaksi online, happy shopping Encik dan Puan.

About Jack Store