SIM Online Resmi Diluncurkan

23

Ahad (6/12) pagi, bertempat di areal Car Free Day Jalan Gajah Mada, Polda Riau akhirnya meluncurkan layanan SIM Online.

Acara peluncuran yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB ini dimeriahkan dengan berbagai acara, antara lain senam Zumba bersama, penampilan Polisi Cilik, atraksi BMX serta berbagai doorprize.

Peluncuran layanan SIM Online ini dilakukan secara serentak di 45 Kabupaten/Kota di Indonesia, dimana acara ini dipusatkan di Senayan, Jakarta.

Melalui video streaming, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa melalui layanan ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan Polri kepada masyarakat.

Dengan adanya layanan SIM terpusat ini dapat mempermudah proses perpanjangan SIM di masing-masing daerah. Jika seseorang memiliki SIM dari kota lain dapat memperpanjang SIM di tempat domisilinya saat ini.

SIM Online ini sendiri akan terintegrasi dengan data Dukcapil (Kependudukan dan catatan sipil) yang akan digarap secara bertahap hingga tahun 2018.

Dalam sambutannya Badrodin juga menyebutkan bahwa berdasarkan data kecelakaan lalulintas, ada 50-60 orang meninggal sia-sia setiap harinya karena kecelakaan.

Dikatakannya bahwa jumlah yang besar ini harus ditanggulangi bersama, salah satunya adalah dengan keterampilan berkendaraan.

Untuk memperpanjang SIM cukup datang ke lokasi-lokasi SIM keliling, Gerai SIM atau Polres. Sedangkan untuk membayar biayanya, Polri bekerja sama dengan BRI.

Peluncurannya di Pekanbaru ditandai dengan penekanan bel oleh Plt Gubernur Riau, disertai Wali Kota Pekanbaru beserta jajarannya. Setelahnya, Plt beserta rombongan turut meninjau mobil SIM keliling.

Pada peluncuran ini Polda Riau menggratiskan biaya perpanjangan SIM Online ini untuk 100 pendaftar pertama, masyarakat yang hadir pun cukup antusias dengan kehadiran layanan SIM ini.