Seminar & Workshop Nasional SDGs Digelar di Pekanbaru - InfoPKU
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Seminar & Workshop Nasional SDGs Digelar di Pekanbaru

Seminar & Workshop Nasional SDGs Digelar di Pekanbaru


Seminar Membangun Kemitraan Yang Berkelanjutan Untuk Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Rabu (19/6/2019).

Adapun kegiatan Seminar SDGs ini diselenggarakan oleh Program Pascasarjana MM sustainability Universitas Trisakti, serta didukung oleh PTTEP Indonesia, CECT, dan Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Pekanbaru.

Tujuan seminar ini sendiri adalah memberikan insight mengenai kemitraan untuk keberlanjutan bisnis, serta mendorong para wirausaha lokal untuk menjadi social entreprise sehingga mampu menyelesaikan masalah sosial yang ada di daerahnya. Selain itu, peserta juga diharapkan memiliki kesadaran akan pentingnya Sustainable Development Goals.

Untuk diketahui, Seminar di Pekanbaru ini merupakan acara ketujuh dari seminar yang sebelumnya diadakan pertama kali di Jakarta pada tahun 2018 yang lalu.

Di mana, berdasarkan antusiasme dari peserta seminar dan lokarya di lima kota di seluruh Indonesia tersebut, akhirnya mereka memutuskan untuk melanjutkan acara ini di empat kota lainnya di tahun 2019, khususnya Pekanbaru.

Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui seminar ini menjadi aksi nyata dalam membangun kemitraan yang berkelanjutan di bumi lancang kuning menyangkut pembangunan berkelanjutan.

“Diskusi ini sangat penting untuk mencapai tujuan SDGs di daerah khususnya Provinsi Riau yang merupakan salah satu daerah penghasil migas di Indonesia,” ujar Hijazi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebagai Provinsi pertama yang telah menetapkan Rencana Aksi (Renaksi) Daerah Sustainable Development Goals di Indonesia, menjadi sebuah tantangan besar bagi para pemangku kepentingan untuk mewujudkannya dalam mencapai keberlanjutan pembangunan di Riau.

“SDGs menawarkan konsep pendekatan partisipatif, inklusif, dan tidak boleh ada satu pun yang tertinggal,” lanjutnya.

Dengan konsep Sustainable Development Goals ini, ia mengajak semua pemangku kepentingan untuk bergerak bersama dalam merencanakan, menyusun arah kebijakan dan membuat aksi bersama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

About Surya Prayoga

Surya Prayoga