Sayuran Yang Perlu Dikonsumsi Tiap Hari | Pekanbaru
Home » Kesehatan » Sayuran Yang Perlu Dikonsumsi Tiap Hari

Sayuran Yang Perlu Dikonsumsi Tiap Hari


Mengkonsumsi sayuran, terutama sayuran hijau tentu baik bagi tubuh kita. Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral ​serta rendah kalori dan tinggi serat.

Sayuran hijau layak untuk dikonsumsi setiap hari karena mengandung nutrisi yang tinggi​. Oleh karena itu, sedikitnya konsumsi 2 cup sayuran hijau setiap hari.

Apa saja sayuran hijau yang layak untuk dikonsumsi setiap hari? Berikut ini lima sayuran hijau yang layak untuk dikonsumsi setiap hari:

Sayur Sawi

sawi

Sayur sawi sangat kaya akan kandungan vitamin serta mineral. Vitamin yang terkandung dalam sawi antara lain vitamin A, C dan K, yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol.

Untuk mengonsumsi sawi, sebaiknya dikukus​ sebentar​. Karena selain dapat mempertahankan kandungan nutrisinya, juga membuatnya tetap ​renyah​.

Selada

selada

Daun selada hijau mengandung vitamin A, K dan folat yang cukup tinggi. Dengan teksturnya yang lembut dan renyah, daun selada dapat digunakan untuk membuat salad, atau lalapan tanpa direbus, cukup dicuci bersih saja.

Microgreens

microgreens

Mungkin tak banyak yang tahu apa itu microgreens, karena dikenalkan pertama kali dari luar negeri. Microgreens merupakan bibit dari brokoli, arugula atau sayuran berwarna hijau yang memiliki bentuk kecil seperti kecambah.

Microgreens mengandung vitamin C sebanyak 200% dari jumlah kebutuhan harian, serta betakaroten. Kedepannya, bukan tak mungkin microgreens menjadi sayuran populer bagi vegetarian di Indonesia.

Chlorella dan Spirulina

chlorella Spirulina

Kedua jenis alga ini kaya akan sumber klorofil didalamnya. Selain itu, keduanya mengandung vitamin dan mineral, mengandung oksigen yang dapat mencukupi kebutuhan ​o​ksigen dalam darah, dan asam amino alami.

Chlorella dan Spirulina dapat dikonsumsi dengan cara dibuat smoothies, pudding atau minuman sehat.

Bayam

sayur bayam

Sayuran hijau yang populer karena kartun Popeye ini mengandung nutrisi yang tinggi dan rendah kalori. Dalam 1 cup bayam mengandung 25% zat besi dan lebih dari 400% vitamin K, serta 90% vitamin C dalam jumlah kebutuhan harian.

Dengan mengonsumsi bayam secara rutin dalam jumlah yang cukup, dapat membantu melawan penyakit degenerative dan menambah massa kekuatan tulang belakang. Jadi pantas saja Popeye menjadi kuat setelah makan bayam.

Nah, udah pada tahu kan kebaikan yang terkandung dalam sayur hijau. Masih malas makan sayur hijau?

About Monalisa Dewa Ayu

Announcer & MC ||mdewaayu@gmail.com