RW Siaga, Masyarakat Sehat bersama Ners Muda - InfoPKU
Home » Pendidikan » Kampus » RW Siaga, Masyarakat Sehat bersama Ners Muda

RW Siaga, Masyarakat Sehat bersama Ners Muda


Ners Muda Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau membentuk RW Siaga di  RW 15, Kelurahan Tengkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya. Pembentukan acara RW Siaga berlangsung pada hari Ahad (20/11/2016), di Masjid Al-Mukhlisin pukul 19.30 WIB dengan tema “RW Siaga wujudkan masyarakat sehat”.

“Pembentukan RW Siaga ini berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pendeteksian dini serta penanganan awal masalah kesehatan yang sering terjadi di lingkungan RW 15,” ujar Ilham Dani Firdaus, S. Kep, selaku ketua pelaksana.

Dalam kesempatan acara ini, Bapak H. Alwinsyah, S.Pd selaku RW 15 mengatakan bahwa RW Siaga sebenarnya sudah disosialisasikan kepada ketua-ketua RW di kelurahan Tengkerang Utara dan ketua RW 15 sudah merencanakan pembentukan RW Siaga ini.

Bersamaan dengan kedatangan Mahasiswa Ners Muda Keperawatan Komunitas Universitas Riau yang sedang melakukan praktik profesi di RW 15 dalam bimbingan Ns. Ari Pristiana Dewi, M. Kep dan Ns. Hudrizal Mubaroq Riauwi, S. Kep.

“Acara malam ini merupakan acara sosialisasi RW Siaga. Namun karena antusias dan keinginan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan di wilayahnya sangat tinggi, maka acara dialnjutkan dengan pembentukan RW Siaga. Kita mengaharapkan ini merupakan titik awal kerjasama yang baik antara Ners Muda dan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat“, jelas Hudrizal.

RW Siaga ini merupakan salah satu program kerja pertama Ners Muda PSIK UR yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kegiatan masyarakat, dalam mengantisipasi dan melakukan tindakan pengamatan terhadap ibu hamil, nifas, bayi, anak, pengamatan penyakit dan kesiapsiagaan bencana, serta Kejadian Luar Biasa (KLB) dengan memanfaatkan berbagai sumber daya dan potensi masyarakat setempat secara gotong royong.

“Kami berharap setelah RW Siaga ini terbentuk, masyarakat RW 15 Kelurahan Tengkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, mampu bekerja sama dengan baik dalam menjalankan setiap program demi mencapai tujuan dari RW Siaga dengan mandiri. Kami melakukan kegiatan ini untuk memberikan motivasi, dukungan dan kerjasama dalam membangun lingkungan hidup sehat,” kata Ilham.

Dalam kesempatan ini, Ketua RW 15, H. Alwinsyah S.Pd, mengharapkan dengan terbentuknya RW Siaga, pengurus yang telah terpilih mampu menggerakkan masyarakat RW 15 untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan yang di programkan atau dicanangkan oleh mahasiswa bersama masyarakat dalam  mengantisipasi  masalah kesehatan yang ditimbulkan.

About Tengku Hanum