Runway Bandara SSK II Diperpanjang, Siap Jadi Embarkasi Haji? - InfoPKU
Home » Berita » Berita Riau » Runway Bandara SSK II Diperpanjang, Siap Jadi Embarkasi Haji?

Runway Bandara SSK II Diperpanjang, Siap Jadi Embarkasi Haji?


Landasan pacu atau runway Bandara SSK II Pekanbaru, diperpanjang menjadi 2600 meter. Sebelumnya landasan pacu Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru hanya sepanjang 2240 meter.

Perpanjangan runway Bandara SSK II Pekanbaru ini sendiri dilakukan agar para penerbang pesawat lebih leluasa saat lepas landas (take off) dan juga landing. Hal ini juga untuk mendukung rencana Pemerintah Provinsi Riau yang mengadakan embarkasi haji di Pekanbaru.

Selain itu landasan pacu Bandara SSK II Pekanbaru ini juga akan digunakan pesawat TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin (RsN) Pekanbaru. Sehingga penerbang pesawat tempur akan lebih aman dan nyaman pada saat lepas landas.

Adapun peresmian runway ini sendiri dilaksanakan di Graha Aviasi Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, Senin (12/11). Turut hadir Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Executive General Manager Bandara SSK II Jaya Tahoma Sirait, serta Danlanud Rsn Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.

Peresmian runway Bandara SSK II Pekanbaru ini dikatakan oleh Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, bagaikan legenda karena sebelumnya belum pernah ada dan sekarang Riau telah memiliki runway sepanjang 2.600 meter.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya semakin bersemangat untuk mewujudkan harapan masyarakat Riau yang ingin segera memiliki embarkasi permanen. Sebagaimana diketahui pada tahun depan, Riau baru akan memiliki embarkasi antara.

“Dengan adanya runway sepanjang ini, Airbus sudah bisa mendarat. Kemudian setelah Pemprov Riau menyerahkan lahan minimal lima hektare, nanti akan dibangunkan embarkasi permanen oleh Kementerian Agama,” pungkas Wan Thamrin.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara SSK II Jaya Tahoma Sirait mengatakan, perpanjangan runway dibangun sejak 2016 lalu. Namun banyak kendala sebelum dibangun, karena untuk membangun landasan juga harus dipastikan sudah memenuhi standar syarat keamanan dan keselamatan penerbangan.

Jaya menambahkan, untuk total biaya memperpanjang runway ini adalah sebesar Rp 207,5 miliar. Dana pembangunan perpanjangan landasan ini hasil bekerja sama dengan Pemprov Riau dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Di lain pihak, Danlanud Rsn Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengapresiasi langkah Angkasa Pura (AP) II yang telah memperpanjang runway tersebut. Karena dengan perpanjangan runway ini, penerbang pesawat tempur dapat lebih leluasa.

“Selain itu juga menghindari dan meminimalisir potensial-potensial accident,” tutup Ronny.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila