Rumbai Jadi Pilot Projek “Smart City”

0
121

smartcity

Kecamatan Rumbai ditunjuk oleh Pemerintah Kota Pekanbaru sebagai pilot projek penerapan program smart city di Pekanbaru pada tahun 2016.

Hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Selasa (17/11). Ia meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk menindaklanjuti segera.

Pemerintah Kota Pekanbaru sendiri serius menargetkan program smart city yang akan dimulai penerapannya tahun 2016.

Untuk awal dimulai dari satu Kecamatan Rumbai, karena belum dapat dilakukan secara menyeluruh akibat kesiapan dan ketersediaan sarana.

Rumbai nantinya akan membangun sistem link terhadap semua data kependudukan, yang mulai dari tingkat RT/RW hingga ke Kecamatan.

Nantinya akan diteruskan ke kantor Wali Kota, kemudian Wali Kota sendiri dapat mengecek data apa saja mengenai Kecamatan Rumbai.

Alasan terpilihnya Rumbai sebagai pilot projek adalah karena data sajian kependudukan yang dimilikinya telah lebih baik daripada kecamatan lainnya.

Camat Rumbai, Zulhelmi Arifin, mengatakan bahwa pihaknya sejak tahun 2014 telah memberlakukan program pembuatan peta dengan Sistem Informasi Geografi (SIG).

Adapun tujuan pembuatan peta berbasis SIG, agar tanah memiliki kepastian letak, ukuran dan terdata baik dalam arsip fisik maupun digital.

Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Pekanbaru sendiri telah melakukan pemasangan jaringan kabel “fiber optik” sepanjang 180 km di seluruh sudut kota beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, dijelaskan oleh Dirut PD Pembangun Pekanbaru, Heri Susanto, pihaknya bersama dengan investor telah menyelesaikan pembangunan gedung server enam lantai di jalan Arifin Achmad.

Gedung server ini merupakan penyimpan data terbesar di Sumatera dan tak lama lagi akan di launching, tutup Heri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.