Rumah Batik Andalan, Adalah Batik Riau

3

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui seluruh dunia. Untuk di Riau sendiri, dapat kita temukan di Rumah Batik Andalan.

Rumah Batik Andalan merupakan rumah batik sederhana yang terdapat di daerah Kabupaten Pelalawan. Rumah Batik ini merupakan mitra dari PT. Riau Pulp and Paper (RAPP).

Sejak 2009, Batik sudah menjadi dan secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam siding ke-4 komite antar Pemeintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang warisan budaya tak benda di Abu Dhabi.

Bisa disebut, seluruh wilayah di Indonesia memiliki khas motif batiknya tersendiri. Termasuk Batik yang Provinsi Riau, terutama Batik produksi Rumah Batik Andalan.

Penanggung jawab Rumah Batik Andalan, Baya memberikan banyak pengetahuan tentang batik asal Riau. Ia mengatakan keunikan batik asal Riau memberikan fakta yang harus diberitakan kepada banyak pihak. Menurutnya, motif batik yang diproduksi di Rumah Batik Andalan semuanya mengenai alam sekitar.

“Iya, motif yang ada seperti motif bono. Kemudian jenis akasia. Yang sudah terdaftar di Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI),” ujar Baya.

Motif yang diproduksi di Rumah Batik Andalan adalah motif yang didapat dari alam sekitar baik flora dan fauna. Motif-motif batik yang diproduksi, merupakan bagaimana Riau digambarkan dalam selembar kain.

Selain motif terkenal ombak bono dan akasia, ada juga motif timun suri yang merupakan makanan kesukaan dari masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Selain di Kabupaten Pelalawan, Rumah Batik mitra RAPP ini juga membina beberapa rekanan masyarakat di Kabupatan Kuantan Singingi (Kuansing) dan Kabupaten Siak.

Sebuah kebanggan pemasaran Rumah Batik Andalan di Pelelawan bahkan sudah menerima permintaan hingga Afrika Selatan. Bahkan yang lebih penting, sebuah kebanggaan hasil buatan tangan, juga mampu memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Bagi dari sektor ekonomi dan juga dalam melestarikan kebanggaan Indonesia.