RPAI Riau, Siap Kawal Ambulance - InfoPKU
Home » Komunitas » RPAI Riau, Siap Kawal Ambulance

RPAI Riau, Siap Kawal Ambulance


RPAI Riau (Relawan Patwal Ambulans Indonesia) merupakan suatu komunitas atau organisasi yang bergerak di bidang sosial yang bertujuan untuk membantu kerja supir dan perawat dalam mengawal Ambulans di lalu lintas.

Adapun misi utama RPAI yaitu membantu dalam pengawalan Ambulans, sehingga tidak akan ada lagi Ambulans yang terhalang akibat pengguna jalan lainnya saat melintas di jalanan.

Meski sirene dan rotator Ambulans telah menyala untuk meminta jalan, namun pengguna jalan lainnya tetap tidak acuh tak acuh. Alangkah baiknya jika Ambulans tersebut diprioritaskan melintas.

Humas RPAI Riau, Apri menyatakan bahwa kota Pekanbaru merupakan kota dengan tingkat kemacetan kendaraan yang tinggi. Hal tersebut mengakibatkan Ambulans yang sedang melewati jalan sering terjebak macet.

“Dengan adanya RPAI maka Ambulans yang mengalami kesulitan dalam mencari celah jalan untuk menuju ke rumah sakit, bisa dikawal dengan cepat, tepat waktu dan selamat,” ujar Apri.

Lebih lanjut Apri menjelaskan, komunitas yang berdiri pada tanggal 10 Juni 2018 ini bersifat relawan. Pihaknya hanya ingin membantu sesama demi kemanusiaan.

“RPAI sendiri berpusat di Medan,” jelasnya.

RPAI Riau sendiri beranggotakan kurang lebih 25 orang anggota aktif dan biasanya melakukan kopi darat (kopdar) setiap malam Sabtu atau Jum’at malam di area Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru.

Di lain pihak Ketua RPAI Riau, Angga Syaputra mengungkapkan harapannya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau agar dapat membantu kelancaran aktifitas pihaknya serta membantu Ambulans dan memberikan akses penuh dalam keadaan emergency.

“Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi pasien yang ada di dalam Ambulans, apalagi jika ternyata salah satu keluarga kita yang sedang mengalami keadaan tersebut,” ujar Angga.

Ia juga berharap agar Pemprov Riau dapat membantu pihaknya dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk pedulinya kepada unit emergency agar diprioritaskan, seperti yang tecantum dalam undang-undang dasar nomor 22 tahun 2009.

Bagi Encik dan Puan yang berminat gabung menjadi relawan bisa langsung via Direct Message (DM) di Instagram @rpai_riau. Adapun untuk persyaratannya sangat umum, yaitu:

  1. Kendaraan harus sesuai standar dari pihak kepolisian
  2. Surat-surat harus lengkap, mempunyai SIM, STNK untuk tetap safety riding
  3. Serta aktif dalam kegiatan maupun di dalam grup

“RPAI RIAU!!! SALAM KEMANUSIAAN”

About Aisyah Fitriani

Aisyah Fitriani