Riau Kembali Dapat Asap Kiriman

3

Water Boombing Pekanbaru

Kabut asap yang menyelimuti wilayah di Riau, lagi-lagi merupakan kiriman dari provinsi tetangga. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),Willem Rampengilei.

Tercatat 575 sebaran titik panas di Sumatera. Hal tersebut membuat jarak pandang di sejumlah kawasan di Riau ada yang di bawah 100 meter.

Berdasarkan data dari BMKG Pekanbaru, Jumat (11/9) sebaran titik panas paling banyak berada di Sumsel 449 sebanyak titik panas, kemudian Jambi 59 titik panas, disusul Babel 49 titik panas, sedangkan Riau ada 11 titik panas, serta Lampung sebanyak 7 titik.

Provinsi Sumsel tahun ini dilanda kebakaran lahan dan hutan terparah. Untuk membantu pemadaman api karhutla di provinsi tersebut, 1.150 tentara dari pusat kemarin dikirim Panglima TNI.

Cuaca di wilayah Provinsi Riau hari ini cerah berawan yang disertai kabut asap. Ada peluang hujan dengan intensitas ringan tidak merata diperkirakan terjadi pada siang atau sore hari terjadi di wilayah Riau bagian Utara dan Pesisir Timur.

Berikut ini jarak pandang di beberapa wilayah di Riau:

  1. Pekanbaru jarak pandang maksimal hanya 500 meter
  2. Rengat jarak pandang maksimal hanya  200 meter
  3. Kabupaten Pelalawan jarak pandang maksimal 200 meter
  4. Perawang jarak pandang maksimal 50 meter

Akibat jarak pandang yang rendah tersebut, diharapkan bagi pengguna kendaraan bermotor untuk menyalakan lampu. Tentunya agar menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.