Peringkat Nasional Perguruan Tinggi di Riau - InfoPKU
Home » Berita » Berita Riau » Peringkat Nasional Perguruan Tinggi di Riau

Peringkat Nasional Perguruan Tinggi di Riau


Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumumkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia untuk tahun 2015.

Yang menjadi penilaian berdasarkan pada empat kriteria, yakni kualitas sumber daya manusia (SDM), kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Menurut Patdono Suwignjo selaku Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemristekdikti, data yang digunakan merupakan data yang dilaporkan seluruh universitas di Indonesia pada pangkalan data perguruan tinggi (PDPT), serta data eksternal seperti BAN PT dan Scopus per Desember 2014 yang lalu.

Adapun pengklasifikasian dan pemeringkatan ini sendiri bertujuan agar mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan prestasi akademik dan non-akademik.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi peringkat pertama di Indonesia, yang kemudian diikuti oleh 9 perguruan tinggi lainnya.

Kesepuluh perguruan tinggi tersebut antara lain, ITB, UGM, IPB, UI, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, dan Universitas Hasanuddin.

Lalu bagaimana dengan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau? Riau diwakili oleh Universitas Riau, Politeknik Caltex Riau, Universitas Lancang Kuning dan Universitas Islam Riau.

Di mana Universitas Riau berhasil masuk ke peringkat 20 besar. Kemudian Politeknik Caltex Riau (PCR) berada pada urutan 168 atau peringkat pertama Nasional Politeknik Swasta.

Lalu Universitas Lancang Kuning berada pada urutan ke-319 Nasional, serta Universitas Islam Riau (UIR) yang berada pada peringkat ke-341 Nasional.

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila