Penyebab Jerawat di Pipi
Home » Kesehatan » Penyebab Jerawat di Pipi
Penyebab Jerawat di Pipi
Penyebab Jerawat di Pipi

Penyebab Jerawat di Pipi


Jerawat merupakan hal sangat menggangu ketika tumbuh pada manusia. Terutama pada bagian wajah, jerawat jadi membuat tidak nyaman. Jerawat akan tumbuh pada bagian-bagian teretentu,salah satunya adalah pipi. Pipi merupakan salah satu tempat untuk jerawat tumbuh. Mengapa jerawat bisa tumbuh pada pipi ? berikut beberapa penyebab jerawat di pipi.

1.Kurang Menjaga Kebersihan Pada Wajah

Menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting, karena di setiap aktivitas yang anda lakukan setiap hari, pasti wajah akan terkena debu,bakteri dan kotoran yang akan menempel pada pipi anda.  Jadi wajah harus di jaga kebersihannya agar debu,bakteri dan kotoran atau bisa di sebut polutan ini tidak berkembang pada wajah anda. Polutan yang menempel pada pipi dapat menyebabkan pori-pori pada wajah tersumbat, pori-pori tersumbat itu dapat menyebabkan sebum yang dihasilkan oleh wajah berinteraksi dengan polutan. Polutan yang berinteraksi denagn sebumlah yang dapat meyebabkan jerawat pada wajah.

2.Fase Pubertas
Fase pubertas adalah fase masa pertumbuhan dari remaja ke dewasa. Fase pubertas ini juga dapat menyebabkan jerawat pada pipi. Ketika fase pubertas, anda akan mengalami hormon yang tidak seimbang. Dimana pada saat fase pubertas hormon androgen meningkat secara drastis. Hormon androgen ini adalah salah satu jenis hormon yang menyebabkan jerawat.  Selain itu juga pada fase pubertas , anda akan mengalami peningkatan produksi sebum atau minyak alami yang di produksi oleh kulit manusia. Sebum yang berlebihan menyebabkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat akan tumbuh.

 

3.Stress

stress yang berkepanjangan merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat batu pada pipi. Karena pada saat stress, minyak pada wajah juga akan lebih banyak daripada biasanya. Selain itu, pada saat stress, hormon stress pada anda akan timbul. Hormon stress ini akan menghidupkan reseptor pada sel-sel kulit. Reseptor ini lah yang menyebabkan meningkatnya minyak pada kulit anda yang dapat menyebabkan jerawat.

 

4.Penggunaan Kosmetik

Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan penting,terutama untuk wanita. Kosmetik dapat mempercantik dan menambah daya tarik. Namun jika salah dalam menggunakan kosmetik, akan berdampak buruk bagi penggunanya. Salah satunya adalah tumbuhnya jerawat pada pipi. Beberapa kosmetik yang salah atau tidak cocok untuk penggunanya itu dapat menyebabkan pori-pori tertutup dan tidak bisa bernafas.  Selain itu juga ada beberapa pengguna kosmetik yang menjadikan kosmetik untuk menutupin jerawat, hal ini bahkan menjadikan jerawat semakin memburuk, karena jerawat akan tersumbat dan meradan di kemudian hari. Oleh karena itu , kosmetik yang digunakan harus di sesuaikan dengan tipe kulit penggunanya akan tidak menyebabkan jerawat pada pipi atau dampak buruk lainya.
5.merokok ataupun perokok pasif

jerawat di pipi merupakan salah satu  tanda adanya gangguan pada paru-paru dan sistem pernapasan.Ketika anda merokok ataupun terkena asapnya secara berlebihan, maka tentu saja jerawat di pipi akan timbul. karena asap adalah salah satu dari polutan yang dapat menyumbat pori-pori tersumbat.

6.menyentuh pipi dengan tangan

Kebiasaan menyentuh bagian wajah dengan tangan, terlebih lagi bagian pipi, juga akan menimbulkan jerawat di pipi. Seringkali menyentuh pipi dengan tangan ini dilakukan secara tidak sadar. Dalam kegiatan sehari-hari, tentu Anda tanpa sadar sudah menyentuh berbagai hal yang tidak Anda sadari mengandung banyak kuman dan bakteri, seperti uang kertas . ketika tangan Anda menempel pada pipi Anda, maka bakteri pada telapak tangan Anda akan berpindah ke pipi Anda, yang nantinya akan menimbulkan jerawat parah di pipi karena bakteri atau kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori kulit Anda.

About annisa rezkiana