Penumpang Bandara Sultan Syarif Kasim II Meningkat

0
277

Arus mudik di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Kota Pekanbaru mulai menunjukkan peningkatan. Hingga H-4 Idul Fitri 1438 Hijriah ini saja jumlah pemudik mencapai 74.225 penumpang.

Jika dirata-ratakan sejak H-10, jumlah penumpang yang melintasi Bandara SSK II mencapai 12.370 penumpang per harinya. Dari jumlah tersebut terdiri dari yang datang mencapai 37.929 orang dan yang berangkat mencapai 36.296.

Bahkan jumlah penerbangan untuk melayani pemudik tercatat hingga 89 penerbangan per harinya, naik jika dibandingkan pada masa arus mudik Tahun 2014 yang hanya 60 pesawat.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriyah tersebut, sebanyak empat perusahaan penerbangan telah mengajukan penambahan frekuensi terbang di Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Dikatakan oleh General Manager SSK II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait, Selasa (20/6), bahwa beberapa maskapai telah melapor untuk melakukan extra flight karena animo penumpang mengalami peningkatan.

Extra flight ini berlangsung setiap hari hingga arus balik, yakni sejak tanggal 16 Juni hingga tanggal 10 Juli 2017 mendatang,

Adapun penambahan penerbangan ini dilakukan untuk penerbangan internasional dan domestik. Untuk penerbangan internasional, ada maskapai Jetstar dengan rute Pekanbaru-Singapura untuk sekali berangkat dan sekali pulang pada tanggal 28 Juni dan 30 Juni 2017 dengan mayoritasnya untuk tujuan wisata.

Sementara untuk rute penerbangan domestik, maskapai Lion Air dengan tujuan penerbangan Pekanbaru-Batam dan sebaliknya sebanyak satu jadwal dalam sehari dan rute Pekanbaru-Medan sebanyak dua penerbangan setiap hari.

Selain itu, Express Air menjadi salah satu maskapai yang menambah penerbangan, yakni rute Pekanbaru-Tanjung Pinang hanya pada tanggal tertentu dengan total lima kali pulang-pergi selama angkutan lebaran.

Terakhir, maskapai Wings Air yang juga melakukan penambahan penerbangan untuk angkutan lebaran dengan rute Pekanbaru-Padang.

Dengan kian padatnya arus mudik melalui Bandara SSK II Pekanbaru, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 lebaran dengan arus mudik puncak diperkirakan mencapai 13.850 penumpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.