Pemko Wacanakan Car Free Night di Pekanbaru - InfoPKU
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Pemko Wacanakan Car Free Night di Pekanbaru

Pemko Wacanakan Car Free Night di Pekanbaru


Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru berencana akan mengadakan Car Free Night di Pekanbaru. Dengan demikian ada beberapa ruas jalan yang akan ditutup atau tidak boleh dilalui mobil.

Adapun kawasan di sekitar Pasar Bawah, Senapelan, bakal disulap menjadi area Car Free Night di Pekanbaru. Pelaksanaan Car Free Night tersebut akan dipusatkan di pertigaan Jalan Juanda, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Senapelan.

Jadi nanti mulai dari Jalan Karet hingga ke Jalan Ahmad Yani, depan Polresta arah ke Kediaman Wali Kota Pekanbaru akan ditutup. Kemudian Jalan Riau, dari Masjid yang  berada di simpang Jalan Kampar juga ditutup.

Untuk penutupan jalan tersebut dilakukan hanya pada malam hari saja, dan jalan yang ditutup tersebut masih sementara dan belum final. Karena Pemko Pekanbaru rencananya juga akan melibatkan stake holder serta asosiasi untuk mendiskusikannya.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pihaknya akan mengawasi dengan ketat kegiatan ini agar jangan sampai menggangu kepentingan umum lainnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada prinsipnya konsep Car Free Night tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan Car Free Day. Jika pada pelaksanaan Car Free Day lebih banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga, maka pada area Car Free Night ini lebih difokuskan pada konsep food street atau pusat jajanan kuliner.

Dengan konsep seperti food street, kawasan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi dan pusat kegiatan masyarakat Kota Pekanbaru seperti eksibisi, pameran, pertunjukan-pertunjukan, serta kegiatan seni budaya lainnya.

Sementara untuk lokasi Car Free Night di kawasan Senapelan ini dikarenakan kawasan Senapelan memang memiliki catatan sejarah bagi Kota Pekanbaru, salah satunya adalah sebagai titik awal berdirinya Kota Pekanbaru.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila