Pembangunan Kereta Api Riau Akan dimulai - InfoPKU
Home » Berita » Berita Riau » Pembangunan Kereta Api Riau Akan dimulai
Ilustrasi

Pembangunan Kereta Api Riau Akan dimulai


Di zaman yang modern ini, tingkat perpindahan orang atau barang di Pulau Sumatera sangat pesat. Maka dari itu dibutuhkan moda transportasi yang cepat, efisien dan murah.

Melihat hal tersebut, pemerintah pusat sudah mulai melakukan Pembangunan rail way atau jalur kereta api Trans Sumatera yang akan menghubungkan beberapa provinsi di Pulau Sumatera.

Sedangkan pembangunannya sendiri tertuju pada jaringan baru, di mana pada masa kolonial, jalur kereta api sudah dibangun tetapi tidak terhubung secara keseluruhan di Pulau Sumatera.

Untuk itu, pemerintah pusat berupaya mewujudkan hal tersebut. Terbukti dengan memasukkan proyek pembangunan kereta api Trans Sumatera kedalam 19 proyek pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana kereta api di berbagai daerah di tanah air sebagai proyek strategis nasional, yang pembangunannya perlu dipercepat.

Hal tersebut tertuang dalam lampiran Peraturan Presiden (Perpres) No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, yang telah ditandatangani Presiden Jokowi pada 8 Januari 2016.

Beberapa provinsi di Pulau Sumatera sudah mulai melakukan persiapan dan pembangunan jalur kereta api, termasuk di Provinsi Riau.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Rahmad Rahim mengatakan, Menteri Perhubungan (Menhub) RI mulai meneken kontrak pekerjaan dengan pelaksana pembangunan jalur Kereta Api Trans Sumatera.

Pemerintah Pusat sendiri akan mulai membangun railway di Provinsi Riau yang dimulai dari Bukit Kapur-Dumai sepanjang 21 Kilometer dengan lebar 100 meter.

Sedangkan gerbang kereta api atau titik awal berada di Kelurahan Purnama, sementara anggarannya berasal dari APBN sebesar Rp 80 Miliar.

Ia menambahkan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang menyiapkan Surat Keputusan Gubernur Riau tentang Penetapan Lokasi.

Untuk diketahui, penetapan lokasi dilakukan berdasarkan surat keterangan resmi dari Kemenhub tentang trase jalur kereta api di Riau.

Lewat surat keterangan tersebut, nantinya dapat dipastikan bahwa tahun ini pembangunan jalur kereta api di Riau sepanjang 21 Kilometer sudah akan dijalankan.

Dengan masuknya pembangunan ini ke Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, Kemenhub menargetkan pembangunannya akan selesai dilakukan dalam waktu lima tahun.

About AgungTryH

Avatar
One Piece Lover