Pekanbaru Tanam Jagung Pipil

15

pertanian jagung]

Demi mendukung Program Ketahanan Pangan pemerintah pusat yang dicanangkan Presiden Jokowi, Aparat TNI dari Koramil 03 Senapelan Pekanbaru telah mencanangkan penanaman serentak jagung pipil.

Adapun penananaman jagung pipil pada Program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajali) ini dilakukan di wilayah setempat.

Dikatakan oleh Danramil 03 Senapelan, Kapten Armed Vebrizal, Selasa (26/1), bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yang telah dimulai sejak 2015.

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya telah menanam Pajali di lahan seluas 5 hektare. Sementara untuk tahun ini akan ditingkatkan serta akan ditanam serentak.

Pihaknya sendiri telah menindaklanjuti hal tersebut melalui Babinsa masing-masing, yang bekerjasama dengan Kecamatan dan Dinas Pertanian (Distan).

Di mana kerjasama yang dijalin TNI lewat Babinsanya membantu kelompok tani cara menanam, merawat serta menciptakan pupuk organik sendiri.

Dibeberkan olehnya bahwa untuk tahun 2016 ini, pihaknya telah melakukan pencanganan tanam serentak jagung pipil di Kelurahan Muara Fajar.

Kegiatan ini rencananya akan terus diikuti oleh para petani yang berada di Kelurahan lain, sesuai kemampuan bibit yang telah disediakan oleh Dinas Pertanian Pekanbaru.

Untuk Encik dan Puan ketahui bahwa program ini menggalang kerjasama antara pihak TNI dengan Kementerian Pertanian.