Pekanbaru Mulai Menata Kota Tua sebagai Daya Tarik Wisata

0
947

2660098868_fb3241e8ce_z

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai menata kota tua agar memiliki daya tarik wisata dengan membangun ruang bagi pejalan kaki atau “city walk”.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus pada hari Jumat (31/10), mengatakan bahwa melalui Dinas Pekerjaan Umum dalam dua tahun anggaran 2014-2015 ini Pemko sudah merancang perombakan pada daerah milik jalan (DMJ) di depan ruko tua ini.

Menurutnya, ruko tua itu mulai terlihat kumuh dan tidak rapi. Karenanya, butuh sedikit upaya untuk membuat ruko tua di sepanjang jalan menjadi terlihat menarik dan klasik.

Dia menuturkan, pihaknya telah mulai membangun fasilitas parkir yang rapi, daerah khusus pejalan kaki (pedestrian), tempat duduk, dan taman kecil tahun ini. Ia ingin membuat suasana bangunan kota tua menjadi nyaman dan menarik siapa saja untuk berbelanja.

Program ini juga merupakan salah satu upaya Pemko Pekanbaru dalam meningkatkan PAD, baik di sektor pajak maupun wisata belanja.

Adapun jalur kota tua di Pekanbaru, saat ini merupakan satu kesatuan rute pusat perbelanjaan hingga ke pasar bawah sebagai pusat oleh-oleh di Pekanbaru .

Walikota juga menjelaskan bahwa untuk tahap pertama tahun ini Pemko sudah mulai perbaiki Jalan A. Yani, Cokro Aminoto, hingga ke Sudirman dengan panjang 1,5 kilometer.

Lalu pada tahun 2015, Pemko akan memperbaiki ruas Jalan Agus Salim, Imam Bonjol, Jalan Kopi, hingga ke Jalan Jendral Sudirman. Hal ini sesuai dengan keinginan Walikota Pekanbaru yang ingin menjadikan Jalan Agus Salim sebagai “Malioboro-nya” Pekanbaru.

Selain perbaikan pendestrian, Walikota juga mengatakan akan memperbaiki drainase yang ada untuk memperlancar jalur air.

Perbaikan itu sendiri merupakan rangkaian penciptaan kawasan kota tua yang produktif dan bernilai ekonomis. Di kawasan tersebut nantinya para wisatawan bisa berbelanja aneka kuliner dan cinderamata Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.