Pekanbaru Butuh Bright Gas

11

Pemerintah Kota Pekanbaru meminta kepada Pertamina untuk mengedarkan elpiji “Bright Gas” sebelum bulan Ramadhan 2016 mendatang agar dapat memenuhi kebutuhan gas rumah tangga golongan ekonomi menengah ke atas.

Disebut oleh Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Pekanbaru, Masirba Sulaiman, Ahad (14/2), bahwa “Bright Gas” ini memiliki banyak peminat di Pekanbaru.

Dijelaskannya bahwa hal tersebut dikarenakan Bright Gas lebih ringan mudah diangkat kaum perempuan, sehingga gas ini juga disebut woman gas.

Ia juga mendorong agar Pertamina untuk segera mengedarkannya di Pekanbaru sebelum bulan puasa Juni 2016. Karena sesuai pengalaman yang lalu, pola konsumsi meningkat dan permintaan akan bahan bakar juga naik.

Bright Gas sendiri juga dapat menjadi bahan bakar alternatif bagi rumah tangga dengan ekonomi menengah ke atas, karena selama ini beberapa dari rumah tangga golongan tersebut sering menggunakan tabung elpiji tiga kilogram yang jelas-jelas bukan haknya.

Diharapkan dengan hadirnya Bright Gas dapat menghambat penggunaan tabung elpiji tiga kilogram oleh rumah tangga golongan ekonomi menengah ke atas.

Harga gas ini cukup terjangkau, yakni Rp62.000 per tabungnya belum termasuk biaya antar. Kemasannya sendiri tidak terlalu berat, yakni hanya sekitar 20 kg. Sedangkan gas elpiji kemasan 12 kilogram sendiri beratnya hampir 40 kilogram. 

Masirba mengakui bahwa Kota Pekanbaru telah masuk dalam skala prioritas untuk penyaluran gas ini oleh Pertamina, meski saat ini masih menunggu proses selanjutnya.

Tabung elpiji baru ini diluncurkan oleh PT Pertamina (Persero) berukuran 5,5 kilogram dengan warna yang lebih menarik, yakni warna pink dan dapat dibeli di SPBU serta outlet resmi dengan harga Rp66.000 per tabung.