Pekanbaru Bakal Punya Puskesmas Wisata

16

puskesmas wisata

Kota Pekanbaru sebentar lagi bakal punya Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Wisata yang terletak di Jalan Teuku Umar. Adapun pembangunan Puskesmas oleh Pemko Pekanbaru ini bertujuan agar terciptanya pelayanan kesehatan masyarakat dengan fasilitas yang tetap bisa bersaing dengan yang ditawarkan oleh swasta.

Seperti yang diterangkan oleh Wali Kota, Firdaus, ide membuat Puskesmas Wisata ini merupakan inovasi Pemko Pekanbaru dalam menciptakan pelayanan bagi masyarakat yang tidak mampu berobat ke klinik mewah. Puskesmas ini sendiri melayani 24 jam.

Pembangunan Puskesmas Wisata ini memakan biaya dari APBD Pekanbaru 2015 sebesar Rp5,3 Miliar, fasilitas yang dimiliki pun tidak kalah dengan klinik swasta. Puskesmas ini diharapkan dapat memberikan pelayanan seimbang bagi masyarakat dengan gratis.

Yang membedakan Puskesmas ini dengan Puskesmas pada umumnya adalah lingkungan, pelayanan, serta teknologi yang disediakan lebih moderen dan sedikit berkelas. Proses pembangunan fisiknya sendiri sudah hampir selesai, hanya tinggal finishing saja.

Wali Kota berharap agar Puskesmas ini dapat beroperasi Januari 2016 ini untuk menggantikan Puskesmas Kota Pekanbaru yang telah berusia puluhan tahun. Nanti ketika gedung Puskesmas Wisata selesai, semua manajemen Puskesmas Kota Pekanbaru akan dipindahkan ke Puskesmas Wisata ini.

Pemko Pekanbaru sendiri tengah berupaya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, salah satunya dengan mengebut penyelesaian pembangunan RSUD Kota Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti, Tampan. Bahkan, pelayanan Puskesmas Sidomulyo rawat inap juga akan dialih status menjadi Rumah Sakit Pratama Tipe D.