Pasangan Wali Kota Pekanbaru Dilantik Mei
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Pasangan Wali Kota Pekanbaru Dilantik Mei

Pasangan Wali Kota Pekanbaru Dilantik Mei


Usai memenangi Pemilihan Wali Kota Pekanbaru yang digelar pada tanggal 15 Februari lalu, Firdaus-Ayat Cahyadi kemudian ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru periode 2017-2022.

Adapun penetapan kedua pasangan tersebut setelah melalui keputusan pemenang melalui Surat Keputusan KPU Nomor 11/Kpts/KPU-Kota-004.435265/III/2017 yang dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Kota Pekanbaru, Rabu (15/3) yang lalu.

Sedangkan untuk pelantikan pasangan Firdaus-Ayat Cahyadi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru terpilih rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei mendatang.

Berdasarkan penuturan dari Asisten I Bidang Pemerintahan Setdako Pekanbaru, Azwan MSi, Jumat (7/4), pelantikan di bulan Mei tersebut merupakan pelantikan kepala daerah serentak tahap pertama. Sedangkan tahap ke dua diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan november.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pelantikan tahap pertama tersebut khusus untuk pemilihan kepala daerah yang tidak memiliki persoalan gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sementara pelantikan tahap kedua merupakan pelantikan untuk kepala daerah yang masih memiliki gugatan di MK.

Azwan yang juga menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Setdako Pekanbaru itu menyebutkan bahwa berdasarkan Rakor Pemilukada, Kota Pekanbaru menjadi salah satu kota yang menyelenggarakan Pilkada dengan aman, tertib dan lancar.

Dalam pelaksanaan Pilwako Pekanbaru yang lalu, Kota Pekanbaru menjadi daerah yang nihil gugatan. Meskipun demikian, ia mengakui jumlah partisipasi pemilih sangat rendah.

Bahkan seluruh berkas yang didampingi Biro Pemerintahan Provinsi Riau terkait rencana pelantikan, sudah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Saat ini dokumen tersebut masih diproses, ia berharap tidak ada masalah karena dokumen tersebut sudah lengkap serta dari sisi administrasi juga tidak ada masalah.

Update: Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru terpilih Firdaus-Ayat Cahyadi telah dijadwalkan dilangsungkan pada Senin (22/5) mendatang oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Gedung Daerah Riau.

Pelantikan ini sendiri berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Nomor SE.162/3484/OTDA dan digelar serentak dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kampar terpilih, Azis Zainal dan Catur Sugeng.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila