Pantangan Ibu Hamil Muda
Home » Kesehatan » Pantangan Ibu Hamil Muda
Pantangan Ibu Hamil Muda
Pantangan Ibu Hamil Muda

Pantangan Ibu Hamil Muda


Ibu hamil muda memiliki resiko keguguran yang lebih besar. Selain itu pada tahap hamil muda, janin sedang berkembang dan membutuhkan perhatian yang lebih. Namun terkadang ibu hamil muda tidak menegtahui mana hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan . ada berbagai larangan ibu hamil yang wajib di hindari.

 

Mengikuti Permainan Ekstrim

Hindari yang menyebabkan janin tan tubuh tidak nyam, seperti permainan ekstrim yang menantang . Beberapa permainan yang melibatkan pendaratan darurat atau meningkatkan adrenalin,karena  bisa meningkatkan resiko keguguran

Olahraga Bersepeda

Ibu hamil muda sebaiknya tidak bersepeda. Olahraga ini bisa menyebabkan kontraksi dan tekanan yang berlebihan pada janin. Resikonya bisa menyebabkan keguguran. Akan tetapi pada trimester kedua , ibu hamil diperbolehkan untuk  naik sepeda.

Senam Erobik

Ibu hamil muda sebaiknya menghindari  tempo dan pola gerakan yang cepat seperti senam erobik . Gerakan seperti ini bisa menyebabkan ibu hamil jatuh, cedera dan tekanan perut yang berlebihan.

Naik Kuda

Ibu hamil juga tidak boleh naik kuda selama masih hamil muda dan sepanjang kehamilan. Naik kuda bisa menyebabkan ibu jatuh dan cedera.apabila sebelumnya ibu hamil muda sering naik kuda , maka kebiasaan ini harus dihentikan. Naik kuda bisa menyebabkan resiko lebih besar seperti kematian janin dan ibu hamil.

 

Menyelam

Ibu hamil muda atau sepanjang kehamilan sebaiknya tidak menyelam di laut atau kolam. Menyelam bisa menyebabkan bahaya termasuk kematian janin dan ibu hamil. Ketika menyelam maka gelembung udara bisa masuk ke dalam aliran darah.

 

Lari

Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan olahraga lari. Lari bisa menyebabkan ibu hamil mengalami resiko jatuh, tersandung, goncangan pada perut dan cedera. resiko keguguran sangat besar jika hal tersebut terjadi . Akana lebih baik ibu hamil mengganti olahraga lari dengan berjalan kaki.

 

Pijat

Ibu hamil muda sebaiknya tidak melakukan pijat atau spa. Karena Pijat menyebabkan tekanan pada rahim terutama jika dilakukan oleh yang bukan ahlinya. Tekanan rahim pada saat pijat atau spa  bisa menyebabkan kelahiran prematur dan cacat janin. Karena itu pijat diperbolehkan oleh ahli yang khusus memijat ibu hamil.

 

X-Ray (Ronsen)

Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan ronsen atau radioterapi. Ronsen bisa menyebabkan cacat bayi karena terkena paparan radiasi ketika masih dalam kandungan. Bahkan jika ibu hamil melakukan ronsen maka bisa terkena dampak lebih berat seperti kerusakan genetik

Mengecat Rambut

Ibu hamil sebaiknya tidak mengecat rambut .Karena mengecat rambut bisa menyebabkan bahan-bahan kimia pada cat rambut masuk ke dalam jaringan tubuh dari bagian akar rambut.zat kimia ini bisa terbawa sampai ke plasenta melewati darah bila mengecat rambut . Resiko cacat janin dan keguguran bisa terjadi pada orang yang sering mengecat rambut .

 

Berjemur

Ibu hamil muda sebaiknya juga tidak berjemur dibawah matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Selama ibu hamil maka kondisi kulit menjadi lebih sensitif dan mudah kusam.  Bahkan perubahan hormon bisa menyebabkan perubahan warna kulit. Berjemur juga bisa menyebabkan stroke panas yang mengancam nyawa janin dan ibu hamil.

Membersihkan Kotoran Kucing

Ibu hamil sebaiknya juga tidak bersentuhan atau kontak tidak langsung dengan kotoran kucing dan kotoran hewan lain. Kotoran kucing dan hewan lain bisa menyebabkan resiko terinfeksi toksoplasma..

 

Produk Pemutih Gigi

produk pemutih gigi selama hamil sebaiknya jangan dilakukan. Produk pemutih gigi bisa menyebabkan keguguran dan resiko cacat janin. Hal ini disebabkan karena produk pemutih gigi mengandung bahan-bahan kimia yang bisa terbawa hingga ke plasenta janin

About annisa rezkiana