Organisasi Jurnalistik di MAN 2 Model Pekanbaru
Home » Komunitas » Organisasi Jurnalistik di MAN 2 Model Pekanbaru

Organisasi Jurnalistik di MAN 2 Model Pekanbaru


https://lh5.googleusercontent.com/-0sRSkhJcvas/VPAjZqZOt3I/AAAAAAAAC_Q/1lXC0BPvYyQ/h1200/top.png

Banyak sekolah yang memiliki ekskul atau organisasi jurnalistik. Berbagai macam nama kreatif dibuat sebagai nama tim kreatif jurnalistik tersebut. Seperti halnya di MAN 2 Model Pekanbaru.

Di sekolah ini, ada satu organisasi jurnalis yang bernamakan AKSI yang merupakan singkatan dari Aspirasi Kreasi Siswa Intelek.

Aksi awalnya adalah berupa tabloid yang akhirnya berkembang menjadi suatu majalah yang akhirnya menjadi Aksi-Magazine.

#Fakta Aksi

Halo sobat AKSI! Berikut ini tentang fakta-fakta AKSI yang mungkin kebanyakan orang tidak tahu. Karena AKSI itu kerjanya di balik layar, makanya banyak yang gak tau. Ini dia fakta-faktanya, selamat membaca!

1. Sekre adalah Markas mini AKSI, di mana telah banyak keajaiban yang terjadi di dalamnya

Nah sobat, jadi sekre itu adalah kepanjangan dari Sekretariat, atau yang bisa dibilang semacam ‘markas’. Alhamdulillah AKSI mendapatkan Sekre yang ‘cukup’ besar yaitu hanya sekitar 3×2 meter dan Alhamdulillah itu untuk menampung yang sekarang sekitar 35 orang kru.

Tetapi kami para kru AKSI masih bersyukur karena untungnya ada teras luar, yang ukurannya lebih besar sedikit dari ruangan dalam sekre. Mau tahu gimana sekre AKSI itu keadaannya?

Inilah yang terjadi setiap rapat, nah ini bagian teras sekre AKSI. Dipenuhi dengan tas-tas kru, serta bergelimangan laptop dan kamera, ya namanya juga jurnalis..(?)

Oke ini yang lebih rapi lagi dibagian dalam sekre. Yang tadi itu adalah keadaan normal sekre, jika ada penghuninya. Jadi beberapa bulan lalu beberapa kru melakukan ‘perombakan’ sekre, yaitu para kru mengecat sekre dan menggelar tikar, biar lebih nyaman selama ngelayout.

 

Nah inikan udah kinclong banget deh, cuma beberapa menit kemudian terjadilah hal seperti di bawah ini:

Ini terjadi hampir tiap hari, dan ya beginilah kodrat sekre selalu berantakan. Kalau udah rapat besar, kami memanfaatkan fasilitas lain selain sekre. karena tidak mungkin sekre se-mini itu menampung kru yang bejibun.

Biasanya pelariannya itu adalah perpustakaan, atau kalau udah gak ada tempat lagi biasanya dibelakang aula atau yang paling minim di kantin. Kalau tidak bisa juga ya seperti inilah yang akan terjadi:

Pendapat pendapat kru tentang sekre AKSI: “Kecil, sumpek, rusuh, panas, mengenaskan tapi bikin betah,”. Walaupun sekre aksi se mini, tetapi entah kenapa kru-kru banyak yang betah stay berlama-lama di Sekre, padahal ya begitulah kondisinya saudara-saudara. Itulah, keajaiban(?)

2. Kru AKSI itu selalu memiliki wajah yang cerah dan ceria

Amin ya Allah kalau benar itu semua. Ini jujur banyak banget anak-anak MAN 2 yang bilang gitu, tidak tau kenapa ya, mungkin karena terlalu banyak tawa yang berhamburan dari sekre kami.

Tapi tidak selamanya lho anak AKSI ceria, ada masanya anak AKSI, rada-rada ‘stress’ terutama layouter, Pimred, dan editor di kala majalah akan terbit.

Pendapat kru: “Di AKSI selalu ada tawa, tangis dan marah, complete deh!”

4. Forum terbuka? AKSI bangeet!

Forum terbuka sering banget diadain di AKSI, biasanya sih diadain sehabis rapat, forum terbuka ini semacam ‘ngeluarin uneg-uneg’ antara sesama kru, soalnya siapa tau ada masalah yang gak bisa diselesaikan.
Biasanya akan diselesaikan bareng-bareng, tak jarang juga setiap forum terbuka ini sampai berurai air mata. Ya dengan forum terbuka ini salah satu cara AKSI buat menjaga kekompakan.
Sebenarnya masih banyak banget Fakta-fakta tentang AKSI yang belum terungkap disini, nah ini beberapa fakta singkat ya guys! karena gak mungkin semuanya dijelasin satu persatu.

5. Setiap abis terbit selalu ngadain acara makan-makan dalam rangka syukuran terbitan majalah

6. Sekre ‘terkadang’ dijadikan tempat pelarian

7. Sekre tidak pernah sepi dari yang namanya ‘Musik’ dari lagu galau sampai lagu oplet

8. Anak AKSI itu narsis, dan itu tidak terbantahkan lagi

9. Biasanya kalau udah stress ngelayout, beberapa layouter ada yang mengekspresikan diri dengan kamera, berfoto-foto ria. bukan cewek aja yang seperti ini

10. Percayalah, makanan jenis apapun yang terletak di sekre, sekejap akan hilang dicerna oleh kru-kru

11. Kalau ada rapat, susah banget untuk bisa tenang

https://lh5.googleusercontent.com/-OjBrWsyx2B4/VPKbzSn1EHI/AAAAAAAADAU/gIq_i7WCDGs/h1200/Untitled-2-Recovered.png
Sumber fakta: http://aksimagazine-m2m.blogspot.com/2014/02/fakta-fakta-aksi-d.html

About Munawir Fikri

Pelajar di MAN 2 Model Pekanbaru.