Operasi Lilin 2015 Amankan Natal & Tahun Baru
Breaking News
Home » Berita » Berita Riau » Operasi Lilin 2015 Amankan Natal & Tahun Baru

Operasi Lilin 2015 Amankan Natal & Tahun Baru


operasi lilin 2015
Source: riau.go.id

Demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru nanti dari aksi teror bom, Polda Riau akan melaksanakan Operasi Lilin 2015.

Dengan mengerahkan sebanyak 2.740 personil kepolisian gabungan, ribuan personil Polda Riau ini telah siap untuk mengamankan rumah ibadah (gereja), Mall serta beberapa lokasi objek wisata yang ada di Riau.

Ribuan personil ini mulai dikerahkan sejak hari Rabu (23/12). Disebutkan oleh Kapolda Riau, Brigjen Dolly Bambang Hermawan, aksi pengamanan ini disebut dengan sandi Operasi Lilin 2015.

Berdasarkan data dari pemetaan kepolisian, diprediksi ada 7 kerawanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini. 7 kerawanan tersebut antara lain adalah:

  1. Ancaman teror kelompok radikalisme
  2. Aksi bom maupun penembakan dengan sasaran kelompok lain
  3. Markas Komando Polri
  4. Tempat ibadah dan sebagainya
  5. Objek vital
  6. Antisipasi kejahatan Curas (pencurian dengan kekerasan), Curat (pencurian dengan pemberatan) dan Curanmor (pencurian sepeda motor)
  7. Bencana alam

Adapun tujuan Operasi Lilin 2015 kali ini adalah untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru.

Kapolda Riau mengatakan bahwa pihaknya akan memfokuskan pengamanan pada sekitar 1.066 gereja, 85 pusat perbelanjaan, 50 lokasi objek wisata serta 83 objek pergantian tahun baru di Riau.

Sementara untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kota Pekanbaru, Polresta Pekanbaru mengerahkan 590 personel gabungan pengamanan yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Diskes dan Dishub.

Disebutkan oleh Kabag Ops Polresta Pekanbaru, Komisaris Polisi M Sembiring, bahwa 590 personel gabungan tersebut akan disebar di 115 gereja yang ada di Pekanbaru.

Selain itu personel gabungan ini akan ditempatkan di lima pos pengamanan dan dua pos pelayanan yang telah disiapkan di beberapa titik keramaian.

Lokasi lima pos pengamanan tersebut terletak di Purna MTQ, depan Plaza Sukaramai, Jalan HR Soebrantas, Tenayan Raya serta di Rumbai.

Sedangkan untuk pos pelayanan yang telah disiapkan berada di Terminal BRPS/AKAP dan Pelabuhan Sungai Duku.

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila