Ners Muda PSIK UR Adakan Pre Loka Karya Mini

0
184

Ners Muda Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau mengadakan acara Pre Loka Karya Mini Masyarakat (PRE LKMM I) di RW 15, Kelurahan Tengkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya.

Acara Pre Loka Karya Mini Masyarakat berlangsung pada hari jum’at (25/11/2016), di Masjid Al-Mukhlisin pukul 19.30 WIB.

Acara ini bertujuan untuk mendiskusikan masalah kesehatan masyarakat yang didapatkan dari hasil pengkajian Ners Muda di RW 15 ke rumah masyarakat dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan winshield survey dengan melibatkan 161 KK dari total 263 KK.

Hasil diskusi bersama masyarakat bertujuan untuk mendiskusikan prioritas masalah dan menentukan langkah-langkah strategis dalam mengatasi masalah kesehatan dengan menggunakan 5 strategi intervensi keperawatan yaitu empowerment, pendidikan kesehatan, patnership, intervensi keperawatan profesional, dan proses kelompok.

Ketua RW Siaga, M. Zuchdi Akbar mengungkapkan bahwa masyarakat sangat mendukung dengan kegiatan yang Ners Muda lakukan dan berharap semoga dengan perencanaan 5 strategi intervensi  yang sudah diputuskan bisa di laksanakan dan menunjang status kesehatan di RW 15 ini.

Intervensi strategi yang diusulkan dapat disesuaikan dengan sumberdaya, kemauan, motivasi, kemampuan serta kesadaran masyarakat dengan memberikan skoring pada setiap masalah  kesehatan yang ditemukan di  masyarakat RW 15 sebelum menentukan prioritas masalah.

“Masalah kesehatan tentu tidak akan dapat teratasi tanpa adanya dukungan dan kerja sama yang baik dari masyarakat dalam setiap rencana yang akan dilaksanakan sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan program kesehatan, Ners Muda akan senantiasa bergandengan dan melangkah bersama RW Siaga yang sudah terbentuk dan masyarakat RW 15 itu sendiri,” ungkap Ketua Pelaksana, Kamarulzaman, S,Kep.

Praktik komunitas merupakan salah satu satu bidang ilmu keperawatan dengan mengedepankan tindakan promotif dan preventif dalam bidang kesehatan.

Melalui kegiatan Pre Loka Karya Mini Masyarakat (PRE LKMM I) diharapkan masyarakat memiliki kesadaran tentang penting nya kesehatan, kemauan untuk hidup sehat, motivasi untuk terus hidup sehat, dan mencegah agar masalah kesehatan yang dialami tidak menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.