Momen Langka Mekarnya Bunga Tabebuya Pekanbaru

7

Bunga Tabebuya Pekanbaru akhirnya mekar. Mekarnya bunga yang berasal dari pohon pembatas jalan di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru, dalam beberapa hari terakhir tersebut merupakan momen langka.

Tabebuya sendiri sekilas hampir mirip dengan bunga sakura asal Jepang. Namun yang membedakannya adalah warna bunga sakura berwarna pink sedangkan di Riau berwarna kuning.

Dengan kehadiran bunga Tabebuya ini, pemandangan terik mentari saat panas menyengat di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru, terlihat lebih nyaman.

Meski demikian, tak banyak warga yang mengetahui kapan pasti kemunculan bunga Tabebuya. Armansyah misalnya, ia baru menyadari bahwa bunga itu mekar sejak dua hari belakangan.

“Tidak tau pasti kapannya, dua hari ini baru sadar,” ujarnya, Selasa (2/4).

Armansyah bercerita, setelah 3 tahun bekerja sebagai tukang bengkel di samping Rumah Sakit Sansani Jalan Soekarno-Hatta, baru kali ini ia menyaksikan momen bunga mekar secara serentak tersebut.

“Sudah tiga tahun di sini, ini unik sekali. Biasanya berbunga satu-satu, tapi ini semua,” ujarnya.

Ia mengakui, kehadiran bunga mekar ini membuat jalanan terlihat berbeda, lebih terlihat lebih nyaman dan indah dibandingkan dengan biasanya. Jadi meski cuaca panas, Jalan Soekarno-Hatta terlihar lebih adem.

Dengan kehadiran Bunga Tabebuya Pekanbaru ini memberi sedikit nuansa berbeda dan menawan membuat masyarakat yang melihatnya, serta menjadi kebanggaan bagi warga Kota Pekanbaru.

Di lain pihak, Meisya, warga asli Kecamatan Panam Pekanbaru, mengaku terkesan dengan kehadiran bunga-bunga tersebut. Ia menyebutkan bahwa dirinya penasaran dengan cerita temannya yang sempat memotret bunga Tabebuya tersebut.

“Awalnya temen yang nunjukin fotonya, jadi penasaran makanya lewat sini. Rupanya benar-benar bagus,” sebutnya.

Meysia juga mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam membuat taman pembatas jalan ini. Namun, I=ia menyebutkan perlunya perhatian lebih lagi terhadap taman sehingga semakin membuat Pekanbaru terlihati asri.

“Pemerintah sudah bagus, namun perhatian lebih lagi, ciptakan inovasi lebih kreatif supaya Pekanbaru makin asri,” pungkasnya.