Minim Tempat Bermain - InfoPKU
Home » Opini » Suara Masyarakat » Minim Tempat Bermain
Kondisi tempat bermain anak-anak pada malam hari di Jalan Soebrantas, Panam, Senin, (19/10)

Minim Tempat Bermain


Kondisi tempat bermain anak-anak pada malam hari di Jalan Soebrantas, Panam, Senin, (19/10)
Kondisi tempat bermain anak-anak pada malam hari di Jalan Soebrantas, Panam, Senin, (19/10)

Taman kota atau taman bermain merupakan sebuah tempat rekreasi yang sekarang diminati masyarakat. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, orang tua, bahkan anak-anak.

Peran dan manfaat taman kota sangat signifikan, tidak hanya sebagai tempat rekreasi melainkan sebagai paru-paru kota penghasil O2. Bagaimana kota kota besar menata dan menyediakan taman kota atau taman bermain untuk masyarakat ?

Pekanbaru yang merupakan Ibu Kota Riau dengan populasi masyarakat yang majemuk dan sebagai salah satu Kota Melayu di Indonesia.

Kemajemukan itu dapat dilihat dari bahasa, adat, dan dinamika penduduknya, seperti adat istiadat, agama, dan akulturasi kebudayaan yang terjadi di kota Bertuah ini.

Lalu, bagaimana pemerintah bisa mengintegrasikan kemajemukan itu? Salah satu caranya yaitu dengan memberikan fasilatas umum, seperti taman kota/tempat bermain anak, dan tempat rekreasi lainnya.

Itu dilakukan dengan tujuan agar masyarakat yang ada bisa membaur satu dengan yang lain sehingga integritas bisa berjalan dengan baik.

Kenapa harus taman bermain? Ya, karena taman bermain tempat masyarakat berkumpul, berolahraga sehingga dengan adanya rutinitas setiap harinya dapat memberikan kontak budaya yang positif.

Apakah di Pekanbaru taman bermain yang ada sudah cukup? Tidak, karena taman bermain yang ada sedikit dan itu hanya berada di pusat kota, seperti di Jalan Diponegoro.

Seharusnya, tempat bermain atau taman kota tidak berpusat di kota saja melainkan di pinggir kota haruslah diberikan tempat yang layak untuk masyarakat bermain atau berkumpul dengan keluarga.

Mestinya, pemerintah jangan memusatkan pembangungan besar saja melainkan pembangunan tata kota seperti taman dan tempat bermain juga mesti menjadi prioritas pembangunan sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Oleh karena itu, perlunya perhatian dan empathy pemerintah melihat taman bermain yang minim di Pekanbaru.

About Wayan

Sekarang Menempuh Pendidikan di Universitas Riau Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Prodi Sosiologi Tahun 2015