Menjelajahi Pasar Senja Pekanbaru

47

Encik dan Puan yang tinggal di Kota Pekanbaru, atau luar kota, atau bahkan cuma berkunjung ke Pekanbaru, pasti pernah mengenal atau mendengar salah satu pasar malam yang terkenal di Pekanbaru.

Pasar senja namanya, pasar ini terletak di daerah Panam Pekanbaru. Daerah yang lumayan jauh dari pusat kota Pekanbaru. Daerah Panam itu terkenal dengan daerahnya yang ramai mahasiswa/i karena dekat dengan beberapa Universitas di Kota Pekanbaru.

Ada banyak penamaan untuk pasar senja tersebut, sebagian orang menyebutnya dengan nama pasar senggol, sebagian lagi pasar jongkok, ada juga yang bilang pasar belakang Metropolitan City (MTC).

Tidak ada yang menyebutkan salah atau benarnya nama tersebut, karena ketika dikonfirmasi ke beberapa pihak di pasar senja tidak ada yang tahu pasti. Namun di pintu masuk pasar ini bertuliskan “Pasar Senja”.

Salah seorang pedagang di pasar tersebut, Ani, menyebutkan bahwa kemungkinan nama pasar senja karena pasar ini memang dibuka mulai sejak pukul 17.00 WIB, hingga tengah malam.

“Banyak nama pasar ini, ada yang bilang senja mungkin karena ramai pedagang buka senja,” terangnya, Sabtu (27/7).

Pasar ini terbilang unik, setiap malam pengunjungnya selalu ramai, namun paling ramai itu ketika mendekati hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri.

Lorong-lorong disepanjang pasar ini akan dipadati pengunjung. Ada yang hanya sekedar melihat-lihat saja, atau bahkan ada juga yang memang sengaja dari luar kota untuk sekedar berbelanja ke sini.

Banyak sekali yang dijual di sini, mulai dari tas, sepatu, sandal, baju, jilbab, celana, baju batik, selimut, pakaian dalam, jam tangan, dan lainnya, semua tersedia dengan model dan ukuran yang berbeda-beda.

Banyak yang bilang pasar ini salah satu pasar terupdate masalah fashion. Saking update-nya, kebanyakan mahasiswa/i maupun masyarakat umum melihat model terbaru di online shop langsung bergegas mencarinya dan berburu di pasar ini.

Masalah harga, Encik dan Puan tidak perlu khawatir. Harga barang di sini relatif terjangkau, tergantung bagaimana kita menawar barangnya.

Ada pedagang yang jual dengan harga tinggi, jika ditawar bahkan jatuhnya hanya setengah harga. Jadi belanja di sini harus pandai-pandai ya. Kalau tidak mau membeli barang dengan harga mahal, hehehe…

Salah satu kalimat yang akan sering kita dengar saat berkunjung ke pasar ini yaitu, “Apa cari kak? Lihat-lihat lah dulu, tengok-tengok dulu, masuk aja dulu, banyak model, banyak ukuran,”.

Ucapan ini hampir setiap stand akan diulang-ulang oleh setiap pedagang. Jadi jangan risih ya Encik dan Puan, kalau tidak berminat lewati saja.

Lokasi pasar senja ini persis berada di samping MTC Panam. Jadi Encik dan Puan bisa parkir di dalam MTC nya, ataupun di lokasi pasar. Sama-sama ada tempat parkirnya yang luas dan petugas parkirnya masing-masing.

Di pasar ini juga terdapat penjual makanan dan minuman seperti bakso ikan goreng, pop ice, es jeruk kasturi, pop mie, jus dan lainnya. Jadi kalau capek berbelanja, bisa singgah di pinggir pasar ini, atau mungkin bisa juga bersantai di dalam MTC ya Encik dan Puan.

Bagi Encik dan Puan sudah pernah kesini, bagaimana kesan ketika berbelanja disini? Atau apakah berminat berbelanja disini lagi?, atau bagi yang belum pernah kesini, apakah berminat untuk berkunjung? semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah referensi tempat berbelanja bagi Encik dan Puan.